Buku Art Edition Ferrari Dijual Rp 400 Juta

Berita Otomotif

Buku Art Edition Ferrari Dijual Rp 400 Juta

MARANELLO – Ferrari membuat buku edisi terbatas yang harganya mencengangkan yaitu lebih dari Rp 400 juta.

Sebuah Ferrari berharga miliaran rupiah tentu sudah lazim terdengar. Tapi, bagaimana dengan buku berlabel Ferrari dengan banderol ratusan juta rupiah?

Pabrikan supercar berlogo kuda jingkrak tersebut, seperti diberitakan CNBC baru-baru ini, bekerja sama dengan penerbit Jerman Taschen untuk membuat buku ‘Art Edition Ferrari’ dalam jumlah terbatas. Buku untuk para kolektor tajir tersebut memiliki 514 halaman, dibuat cuma 250 buah, dan tersedia mulai Oktober mendatang.

Ferrari tak pernah membuat barang murah, meskipun itu sebuah buku. Bayangkan saja, produsen mobil kencang asal Italia ini bakal menjualnya seharga 30 ribu dollar AS atau sekitar Rp 438,52 juta.

Art Edition Ferrari berisikan koleksi-koleksi foto langka yang turut menggambarkan rekam jejak mobil-mobil mereka. Setiap foto akan ditandatangani langsung oleh Piero Lardi Ferrari, Vice Chairman perusahaan.

Secara tampilan, buku tersebut berbalut kulit mewah berwarna merah. Selain itu, ada pula aksen jahitan yang dibuat dengan tangan.

Buku ini juga dilengkapi pelindung hard case yang terbuat dari alumunium. Desain ‘cangkang’ tersebut terinspirasi dari bentuk mesin V-12 milik Testarossa, salah satu supercar legendaris Ferrari.

Art Edition Ferrari serta hard case-nya masih ditambah lagi dengan penopang (stand) bernuansa kromium yang rupanya menyerupai knalpot mobil balap klasik Ferrari bermesin V-12. Adapun perancangnya adalah Marc Newson, seorang desainer produk-produk industri kesohor.

Bagi para konglomerat yang kehabisan Art Edition Ferrari berbanderol Rp 438,52 juta, masih ada edisi lebih murah. Harganya 6.000 dollar AS atau setara dengan Rp 87,70 juta dan hanya dibuat 1.697 buah. Buku ini dijual tanpa penopang.

Art Edition Ferrari bukanlah buku termahal garapan produsen yang bermarkas di Maranello ini. Pada 2011, mereka pernah memublikasikan ‘The Enzo Diamante Official Ferrari Opus’ yang bertakhtakan berlian.

Buku yang terdiri dari 852 halaman tersebut menceritakan kisah dan sejarah logo kuda jingkrak Ferrari, disertai lebih dari 1.000 foto langka atau belum pernah diperlihatkan sebelumnya. Harganya? 275 ribu dollar AS atau Rp 4,01 miliar! [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar