Felipe Massa Bawa Mobil Balap Formula E ke Jalanan Arab Saudi

Berita Otomotif

Felipe Massa Bawa Mobil Balap Formula E ke Jalanan Arab Saudi

RIYADH – Felipe Massa membawa mobil balap Formula E ke jalan raya Riyadh, Arab Saudi dan memamerkan kemampuannya.

Aksi tersebut dilakukan pada awal pekan ini dalam rangka mempromosikan diri sebagai salah satu tuan rumah Formula E. Bahkan, Saudia Ad Diriyah E-Prix akan menjadi seri perdana balap Formula E musim 2018/2019 pada 15 Desember mendatang.

Formula E 2018/2019 menjadi musim  kelima dengan keikutsertaan dari 11 tim, salah satunya Nissan. Mulai musim ini, untuk pertama kalinya tim-tim peserta menggunakan mobil balap listrik generasi baru, Gen2, yang baterainya mampu bertahan hingga akhir lomba sehingga tak perlu lagi mengganti kendaraan di tengah-tengah lomba.

Massa memulai aksinya bersama mobil balap Formula E di Riyadh dengan mobil balap nihil emisi tersebut dengan melakukan ‘donat’ atau berputar-putar di tempat. Setelah itu, barulah mantan pebalap Formula One (F1) untuk tim Scuderia Ferrari tersebut berkeliling kota. Tentu saja, ia melakukannya dengan perlahan.

Formula E 2018/2019 akan menjadi pengalaman pertama bagi Massa. Ia bakal membalap untuk tim Venturi.

Ajang ini juga merupakan pagelaran besar balap, musik dan hiburan pertama dalam sejarah Arab Saudi. Status sebagai tuan rumah Formula E bisa membuka Arab Saudi kepada lebih banyak publik internasional.

Apresiasi pun berdatangan. Massa menilai bahwa ikut sertanya Arab Saudi yang kaya minyak bumi menunjukkan perubahan pola pikir global terhadap arah otomotif masa depan.

“Negara yang berlimpah minyak bumi menggelar balapan mobil listrik yaitu Formula E. Ini bisa mengindikasikan bahwa semua pihak ingin mengubah mentalitas untuk masa depan. Balap di sini juga merupakan pembelajaran besar bagi saya. Karena akan menjadi debut pertama di Formula E dan di trek yang saya tak tahu. Saya baru melihat jalur treknya dan sudah merasa tak sabar,” ujarnya.

Pangeran Abdulaziz Bin Turki AlFaisal Al Saud, Vice-Chair of The Saudi Arabia General Sports Authority, percaya Saudia Ad Diriyah E-Prix dapat menjadi momen ‘pengubah jalannya permainan’ bagi negara itu. Kompetisi balap futuristik seperti Formula E menunjukkan arah masa depan Arab Saudi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar