Fasilitas Sirkuit MotoGP Argentina Kebakaran Hebat

Berita Otomotif

Fasilitas Sirkuit MotoGP Argentina Kebakaran Hebat

JAKARTA – Sirkuit Termas de Rio Hondo mengalami kebakaran hebat pada Jumat, 5 Februari 2021.

Arena gelaran MotoGP sejak 2014 ini dilalap si jago merah pada beberapa fasilitas utamanya seperti Paddock, ruang pers, dan area VIP. Berbagai fasilitas sirkuit tersebut dikatakan mengalami kerusakan total hingga lebih dari 80 persen.

Kebakaran sendiri diperkirakan terjadi pada pukul 23.00 waktu setempat. Menurut kabar dari media lokal, kejadian ini tidak meninmbulkan korban jiwa. Kebakaran sendiri terjadi diduga berasal dari tribun penonton yang tengah menjalani perbaikan struktur dan melibatkan pekerjaan las.

Kencangnya hembusan angin, membuat situasi semakin tegang. Api semakin membesar karena tiupan angin yang kencang. Api dengan cepat melalap bangunan dari sirkuit dan sulit untuk dikendalikan oleh pemadam kebakaran setempat.

“Sungguh sebuah bencana. Faktor yang melawan kami adalah angin, api menjadi tidak bisa dikendalikan” tutur seorang pemadam kebakaran dikutip dari RTP Sport.

Para pekerja yang ada berusaha untuk menyelamatkan beberapa barang dari sirkuit seperti museum, benda-benda penting lainnya. Mereka juga berusaha memindahkan beberapa kendaraan agar tidak hangus dimakan api.
MotoGP Agentina

Meskipun telah dilakukan upaya penyelamatan, namun bisa dipastikan sirkuit mengalami kerugian sangat besar. Hal ini dikarenakan banyak area yang hangus dilalap si jago merah. Namun beruntungnya sirkuit ini mendapat perlindungan dari Asuransi perusahaan Sancor.

Kasus terbakarnya sejumlah fasilitas sirkuit, karena insiden kebakaran ini terdengar mencurigakan karena terjadi di malam hari. Meskipun dikatakan tengah ada proses perbaikan dengan melakukan pengelasan.

Sekadar mengingatkan, Sirkuit Termas de Rio Hondo menunda gelaran MotoGP 2021. Mereka mengambil keputusan ini karena virus corona yang belum berakhir dan terus menggurita. Pada musim lalu, MotoGP Argentina juga tidak terlaksana, sehingga balapan hanya digelar di Benua Eropa saja.
MotoGP Argentina
Argentina menggelar MotoGP sejak 2014 dan merupakan comeback setelah terakhir kalinya menjadi tuan rumah pada 1999. Absennya sirkuit Argentina MotoGP 2020 dan kemungkinan MotoGP 2021, tentunya menghilangkan pemasukan kas yang cukup besar.

Adanya kebakaran ini juga akan memberikan kejelasan akan status sirkuit tahun ini. Mereka membutuhkan waktu untuk melakukan perbaikan dan belum bisa dipastikan kapan akan selesai pembangunannya. Walhasil MotoGP Argentina 2022 juga belum bisa dipastikan kesiapannya. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar