Esemka Harus Terbuka Bila Mau Punya Investor Dealer

Berita Otomotif

Esemka Harus Terbuka Bila Mau Punya Investor Dealer

BANJARBARU – PT Barito Berlian Motor,  salah satu operator dealer Mitsubishi menegaskan bahwa pihaknya masih belum berminta untuk menjadi dealer mobil Esemka.

Hal ini karena Esemka masih belum terlihat apakah dapat diterima oleh masyarakat Indonesia atau tidak. Esemka yang saat ini dinilai masih tertutup terhadap produk mereka menjadi salah satu alasannya.

“Karena kalau investasi ke dealer itu cukup mahal, tapi Esemka itu belum terdengar informasinya. Kami tidak tahu Esemka (harganya) berapa, basic-nya bagaimana, teknologinya bagaimana. Karena (dealer) ini menyangkut kepada konsumen. Kami khawatir kalau konsumen komplain. Mobil itu bukan barang murah, bukan Rp 20 jutaan,” ungkap Henry Katio, Direktur PT Barito Berlian Motor.

Meski demikian, bukan tidak mungkin keraguan untuk menjadi dealer Esemka bisa saja berubah di masa depan. Karena dalam bisnis menurutnya tidak ada yang pasti dan akan berubah seiring dengan berjalannnya waktu.

“Tidak ada yang absolute, semuanya bisa ini itu hanya perlu kajian lagi. Kami harus hati-hati, kami tidak mau konsumen komplain atau bagaimana-bagaimana. Jadi etika bisnisnya, jangan hanya cari untungnya saja tapi buat orang sengsara, apalagi otomotif tidak gampang,” tegasnya.

Setidaknya, Ia meminta agar Esemka terbuka terlebih dahulu kepada masyarakat. Dengan demikian kepercayaan masyarakat akan meningkat dan membuat pelaku industri yakin untuk membuka dealer Esemka.

“Paling tidak, kami tahu komitmen Esemka terlebih dahulu. Seperti yang saya bilang tadi, bilang teknologinya dari mana. Karena yang berhubungan langsung dengan konsumen adalah dealernya. Jadi harus hati-hati,” tegasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support