Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Esemka Harus Bersikap Terbuka

Berita Otomotif

Esemka Harus Bersikap Terbuka

JAKARTA – Meski disebut-sebut sebagai mobil nasional dan diproduksi langsung oleh anak bangsa, namun tidak dapat dipungkiri bahwa Esemka Digdaya memiliki kemiripan yang luar biasa dengan Foday F22, mobil Double Cabin asal China. Sayangnya belum ada keterangan resmi dari pihak Esemka akan hal ini.

Kemiripan tersebut pun menjadikan beberapa kalangan meragukan mobil tersebut merupakan mobil asli Indonesia. Salah satunya adalah pengamat otomotif Bebin Juana yang memberikan komentarnya langsung kepada Mobil123.com. .

“Rasanya kalau dari nol dan klaim produksi sendiri kok bingung. Tidak berani komentar saya,” ungkapnya.

Kebingungan tersebut disebabkan Esemka Digdaya mendadak hadir di jalanan dalam waktu yang sangat singkat. Sementara produsen mobil yang sudah mapan membutuhkan waktu lama untuk mengembangkan sebuah mobil.

Ia mengatakan bahwa andai Esemka Digdaya bukanlah mobil yang asli diproduksi di Indonesia maka hal tersebut bukanlah masalah besar. Namun setidaknya produsen harus jujur. Menurutnya, rebranding adalah sebuah hal wajar dilakukan di dunia otomotif.

“Ada sebuah merk supercar yang melakukan kerjasama dengan perusahaan lain. Hal ini karena supercar itu produksinya hanya sedikit dan untuk investasi di mesin terlalu besar. Mereka lalu mengakui bahwa mereka menggunakan mesin dari produsen lain, namun body dan sasis mereka membuat sendiri. Tapi mereka terbuka dan itu tidak ada masalah,” terang Bebin.

Meski demikian, Ia mendukung Indonesia mulai maju untuk menciptakan mobil nasional. Mobil nasional tersebut bisa dimulai dari mobil pedesaan karena persaingannya tidak seberat di mobil penumpang yang saat ini dikuasai oleh merk asing.

“Tidak ada kata terlambat untuk memulai mobil nasional. Masa kita beli terus? Mulai dari mobil pedesaan misalnya yang memiliki persaingan lebih ringan namun kebutuhannya tinggi. Mobilnya pun sederhana dan mementingkan fungsi kendaraan,” pungkas Bebin.

Baca juga : Meski Fisiknya Belum Jelas, Mobil Esemka Sudah Bisa Dipesan Online

Untuk diketahui, sejak menjadi viral di media sosial beberapa hari lalu, tidak ada satu pun keterangan yang ada mengenai Esemka Digdaya. Padahal mobil ini sudah bisa dipesan secara online. Ini tentunya menimbulkan tanda tanya besar, sebenarnya ada rencana apa dibalik kemunculannya tersebut. Apakah berhubungan dengan urusan politik ?, simak berita selanjutnya [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang