Ekspor Motor Ambles, Model ini Favoritnya

Berita Otomotif

Ekspor Motor Ambles, Model ini Favoritnya

JAKARTA – Ekspor Motor dari Indonesia ke beberapa negara mengalami penurunan sejak Januari 2021.

Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup banyak dalam mengekspor kendaraan khususnya sepeda motor. Motor rakitan anak bangsa dikirim ke berbagai negara di luar sana dengan model-model yang berbeda.

Dalam masa pandemi, kegiatan ekspor motor tentunya ikut terganggu karena banyak negara yang melakukan pembatasan sejak pertama muncul di Indonesia pada Maret 2020.

Ekspor motor dari Tanah Air, berdasarkan data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) menyebutkan bahwa sebenarnya sudah mengalami peningkatan hingga awal 2021. Pada Januari misalnya, tercatat sebanyak 81.929 unit. Namun hal itu tidak bertahan lama, pada bulan-bulan berikutnya pengiriman sepeda motor terus mengalami kemerosotan.

Pada Februari 2021, ekspor motor secara keseluruhan mencapai 79.557 unit. Lalu pada Maret menjadi 69.306 unit dan April kembali terkoreksi hingga 57.306 hingga bulan lalu hanya 42.647 unit. Catatan ini tentunya tidak menggembirakan untuk banyak pihak baik negara maupun produsen.

Masih dari sumber yang sama, penurunan ekspor sepeda motor secara keseluruhan pada Mei 2021 menurun 17.4 persen dari sebelumnya.
Ekspor Motor

Adapun jika dipisahkan secara model, skuter masih mendominasi ekspor nasional. Motor yang serba praktis tersebut dikirimkan ke berbagai negara sebanyak 144.477 unit. Kemudian diikuti oleh model sport 34.603 unit dan underbone 27.222 unit.

Angka ekspor dari Indonesia berbanding terbalik dengan penjualan sepeda motor domestik. Penjualan kuda besi di Tanah Air mengalami peningkatan sehingga menjadi angin segar bagi industrik otomotif Indonesia khususnya roda dua.

DIsebutkan penjualan sepeda motor pada Februari 2021 mencapai 377.776 unit dan Maret 521.424 unit lalu April 472.889 unit. Total penjualan kendaraan roda dua di Tanah Air mencapai angka 1.766.822 unit.

Angka penjualan sepeda motor di dalam negeri dikabarkan sempat terkoreksi turun pada Mei 2021. Hal ini disebabkan adanya libur hari raya dan lainnya, sehingga konsumen lebih memilih untuk menahan segala pembelian.

Bulan ini dikatakan sebagai kebangkitan industri otomotif khususnya roda dua karena kapasitas produksi terus ditingkatkan. Bahkan pihak AISI sendiri memprediksi penjualan sepeda motor nasional akan mencapai 4.3 hingga 4.6 juta unit pada akhir tahun. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar