Ekspor Mobil Bikinan Toyota Indonesia Meningkat

Berita Otomotif

Ekspor Mobil Bikinan Toyota Indonesia Meningkat

JAKARTA - Kondisi ekonomi Indonesia memang tengah lesu, tapi itu tidak menjadi hambatan bagi Toyota Indonesia untuk melakukan ekspor mobil ke berbagai negara. Dari Januari sampai Juli 2015 saja ekspor mobil CBU Toyota dari Indonesia telah mencapai lebih dari 100 ribu unit.

PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengumumkan pencapaian ekspor kendaraan berbentuk utuh (CBU – Completely Built Unit) bermerek Toyota sepanjang Januari hingga Juli 2015 menembus angka 100.000 unit, tepatnya 102.100 unit, dua bulan lebih cepat dibandingkan tahun lalu. 

Angka ini naik sebesar 29.5% dibandingkan periode yang sama tahun 2014. Ekspor terbesar disumbangkan oleh Fortuner dengan 28.500 unit, diikuti oleh Vios sebanyak 27.900 unit, dan Kijang Innova dengan 9.700, sementara sisanya disumbangkan oleh Agya, Avanza, Rush, Town Ace, Town Lite, dan Yaris.

Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, I Made Dana Tangkas berharap hasil ini menjadi pertanda baik bagi pencapaian target ekspor kendaraan utuh Toyota Indonesia. 

“Tembusnya angka 100.000 unit dalam tujuh bulan pertama tahun 2015 ini memberikan dampak psikologis yang besar bagi seluruh jajaran Toyota Indonesia untuk terus bekerja keras agar dapat mencapai target ekspor kendaraan utuh tahun ini, yaitu naik 10% dari angka 160.000 yang dicapai tahun 2014 lalu.”

Pada tahun 2012, volume ekspor kendaraan bermerek Toyota untuk pertama kalinya menembus angka 100 ribu unit per tahun. Kinerja ekspor semakin tumbuh signifikan sejak model kendaraan penumpang seperti Vios dan Yaris diproduksi secara lokal di Indonesia pada akhir tahun 2013. 

Hal ini menurut Toyota menunjukan kualitas produk buatan Indonesia dapat diterima dengan baik di pasar global bahkan untuk komoditas yang sarat akan penerapan teknologi tinggi seperti produk otomotif.

Selain kendaraan utuh, Toyota Indonesia juga melakukan ekspor kendaraan terurai (CKD – Completely Knock Down) yang sampai Juli membukukan angka 24.600 unit. 

Ekspor mesin tercatat mencapai 31.800 unit, terdiri dari mesin bensin sebesar 24.800 unit dan mesin ethanol sebesar 7.000 unit, sedangkan ekspor komponen kendaraan mencapai 34,5 juta buah.

Tercatat lebih dari 70 negara di kawasan Asia-Pasifik, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika menjadi daerah tujuan ekspor Toyota Indonesia. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

Tag Terkait


Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support