Ekspor Mitsubishi Xpander Akhirnya Dipercepat

Berita Otomotif

Ekspor Mitsubishi Xpander Akhirnya Dipercepat

JAKARTA - Ekspor Mitsubishi Xpander oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya lebih cepat dari target awal Mei menjadi April 2018.

Pihak MMKSI akhirnya memastikan waktu penyebaran Xpander ke luar negeri. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Osamu Masuko, CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC). 

"Dengan senang hati kami akhirnya bisa mencapai tahap ekspor mulai April 2018. Xpander, MPV kecil baru kami yang diproduksi di Indonesia akan segera diekspor ke Filipina, Thailand dan Vietnam, kemudian selanjutnya ke seluruh dunia pada tahun ini," kata Masuko saat penyerahan sepuluh unit mobil listrik Mitsubishi di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan (26/2/2018). 

Menurutnya, Indonesia adalah negara paling penting bagi MMC dan merupakan pasar paling menjanjikan dengan pertumbuhan populasi mobil yang pesat. Alasan ini pula yang mendorong Mitsubishi mendirikan fasilitas produksi di bilangan Cikarang, Jawa Barat. 

Pabrik tersebut merupakan tempat memproduksi Mitsubishi Xpander. Tahun lalu, kapasitasnya adalah 5.000 unit. Namun, tingginya permintaan dalam negeri membuat ekspornya tertunda. Makanya, 2018 ini kapasitas produksi Xpander ditingkatkan menjadi 8.000 unit.

Langkah MMKSI ini pun disambut positif oleh pihak pemerintah. Dengan begitu, MMKSI turut berkontribusi terhadap perekonomian di Indonesia. 

"Xpander yang mulai diproduksi September 2017 menjadi hit besar di Indonesia. Ekspor sempat tertunda karena demand dalam negeri meningkat. Tapi, mobil ini akan diekspor April mendatang. Saya menyadari bahwa ekspor mobil ini sangat berharga bagi perekonomian Indonesia," kata Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian. 

Tidak hanya pihak kementerian, Airlangga juga menyebut Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia sangat mengapresasi kebijakan Mitsubishi tersebut. Kabarnya, presiden juga akan hadir pada seremoni ekspor Mitsubishi Xpander nanti. [Ary/Ari]   



Ary Dwinoviansyah

Ary Dwinoviansyah

Ary mulai bekerja sebagai seorang jurnalis otomotif sejak tahun 2008 dan sangat mencintai sepedamotor. Nonton MotoGP merupakan salah satu hobi untuk menghabiskan akhir pekannya. Dia juga memimpikan memiliki mobil Transformers.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual