Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ekspansi Dealer DFSK di Indonesia Tertunda karena Pandemi

Berita Otomotif

Ekspansi Dealer DFSK di Indonesia Tertunda karena Pandemi

JAKARTA – Pandemi virus Corona (Covid-19) memaksa Dongfeng Sokon (DFSK) menunda ekspansi dealer di Indonesia.

Pandemi, yang diketahui masuk Indonesia sejak awal Maret 2020, menghantam daya beli masyarakat plus pasar otomotif nasional. Penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) pada Mei 2020 turun 95 persen ketimbang periode yang sama pada 2019 (year on year) menjadi 3.551 unit, sedangkan penjualan Januari – Mei 2020 drop 41 persen menjadi 248.310 unit.

Hal ini membuat para pemain di industri menyusun ulang strategi dan rencana, termasuk DFSK. Salah satu yang harus mereka sesuaikan dengan kondisi adalah rencana pengembangan jaringan dealer.

Arviane Dahniarny Bahar, Public Relations and Digital Manager PT. Sokonindo Automobile, mengatakan bahwa mereka belum ada lagi rencana menambah dealer baru hingga 2020 berakhir. Mereka akan bertahan dengan dealer-dealer yang ada sekarang.

“Saat ini kami punya 90-an dealer,” ucap dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers virtual via aplikasi Zoom belum lama ini.

Pada 11 Maret kemarin, dalam preview sport utility vehicle (SUV) Glory i-Auto, Arviane menjelaskan bahwa pihaknya ingin memiliki 130 dealer hingga akhir tahun ini. Pada akhir 2019, mereka sudah mempunyai 90 dealer dan per Januari 2020 mereka telah menambahnya lagi menjadi 99 outlet.

Merek mobil asal China tersebut sejauh ini baru merilis satu model baru di Tanah Air, yakni van Gelora. Masih ada satu rencana peluncuran lagi yaitu Glory i-Auto.

Peluncuran SUV dengan fitur voice command (perintah suara) canggih bernama i-Talk ini sudah dua kali tertunda. Rencana awal DFSK adalah menghadirkannya pada akhir 2019, tapi kemudian dimundurkan sampai April 2020 karena ingin menyempurnakan produk sesuai survei internal.

Akan tetapi, peluncuran pada April 2020 terpaksa molor lagi gara-gara pandemi. Kini, Glory i-Auto dijadwalkan mengaspal pada awal semester kedua 2020.

DFSK telah membangun pabrik di Cikande, Serang, Banten dan berjualan di Tanah Air mulai 2018. Mereka sudah mempunyai dua model kendaraan penumpang yakni SUV Glory 560 dan Glory 580 plus dua kendaraan niaga kecil yaitu pikap Super Cab serta van Gelora. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang