Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Eksis Lagi di Indonesia, Subaru akan Andalkan Mobil-Mobil Buatan Jepang

Berita Otomotif

Eksis Lagi di Indonesia, Subaru akan Andalkan Mobil-Mobil Buatan Jepang

JAKARTA - Seluruh model baru Subaru yang meluncur di Indonesia mulai tahun ini akan diimpor dari Jepang.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam Virtual Media Gathering pada Rabu (9/2/2022), Subaru mengumumkan kehadiran kembali mereka di pasar otomotif Tanah Air.

PT. Plaza Auto Mega (PAM) ditunjuk sebagai agen pemegang merek (APM) terkini dari jenama tersebut di negeri ini.

Model baru pertama Subaru setelah absen cukup lama di Indonesia rencananya meluncur pada kuartal kedua 2022. Model tersebut, juga model-model anyar Subaru yang mengaspal pada masa mendatang, bakal diimpor secara utuh (Completely Built Up/CBU) hanya dari Jepang.

“Bisa saya konfirmasikan bahwa semua, 100 persen, line up Subaru yang akan dijual di Indonesia adalah built up dari Jepang. Jadi, kami tidak akan mengambil dari Malaysia maupun Thailand. 100 persen CBU dari Jepang,” tegas Chief Operating Officer (COO) Arie Christopher.

Sekadar mengingatkan, Subaru telah absen sekitar delapan tahun di Indonesia. Ini karena APM terakhir mereka yaitu anak usaha dari Tan Chong Singapura tersandung kasus pemalsuan dokumen impor pada 2014.

Model-model Subaru dengan sistem penggerak empat roda (four wheel drive/4x4) ketahuan didaftarkan sebagai kendaraan berpenggerak dua roda (two wheel drive/4x2) demi mengurangi bea masuk.

Sang APM ketika itu tidak bisa membayar utang kepada negara sebesar Rp1,5 triliun untuk aktivitas importasi kendaraan yang mereka lakukan sepanjang 2013. Alhasil, izin importasi maupun izin berjualan di Indonesia pun dicabut.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa sejak 2015, Subaru tidak lagi membukukan penjualan hingga saat ini.

Arie sedikit membocorkan bahwa segmen yang pasti Subaru masuki di Indonesia adalah medium sport utility vehicle (SUV) lima penumpang sekelas Honda HR-V. Nantinya, ada pula medium-high SUV setara Toyota Fortuner.

Tidak dijelaskan apakah yang akan mengaspal pada kuartal kedua 2022 ialah salah satu dari kedua model tersebut.

Subaru sekarang memulai bisnisnya kembali di Indonesia dengan satu diler 3S (sales, service, spare parts/penjualan, servis, suku cadang) di Alam Sutera, Serpong, Tangerang terlebih dahulu. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang