Eksis Hampir 4 Tahun, Mitsubishi Xpander Laku 193 Ribu Unit di Indonesia

Berita Otomotif

Eksis Hampir 4 Tahun, Mitsubishi Xpander Laku 193 Ribu Unit di Indonesia

JAKARTA – Mitsubishi Xpander pada Agustus 2021 nanti akan berusia empat tahun di pasar Indonesia. Total penjualannya dalam jangka waktu tersebut nyaris 200 ribu unit.

Xpander pertama kali meluncur di Indonesia pada 10 Agustus 2017 dalam pameran otomotif GIIAS. Ini juga menjadi kemunculan perdana global dari multi purpose vehicle (MPV) dengan desain bernuasa sport utility vehicle (SUV) tersebut.

“Xpander merupakan produk yang sangat penting bagi MMKSI (PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia) di pasar Indonesia. Sejak peluncurannya pada 2017, secara total lebih dari 193 ribu unit telah terjual sampai dengan Mei 2021,” ucap Irwan Kuncoro, Direktur Penjualan dan Pemasaran MMKSI dalam peluncuran virtual Xpander dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition, Kamis (10/6/2021).

Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander AP4

Kemunculan Xpander sendiri sempat menghebohkan pasar otomotif nasional. Peminatnya melebihi ekspektasi, sampai – sampai inden dari unit yang diproduksi di pabrik Mitsubishi Cikarang, Bekasi tersebut di awal kehadirannya sempat mengular hingga setengah tahun.

Xpander kemudian menorehkan rekor sebagai mobil dengan torehan penjualan 100 ribu unit tercepat di Indonesia. Kendaraan di segmen low MPV (LMPV) ini hanya membutuhkan waktu 18 bulan.

Pada 2021, Xpander termasuk satu di antara lebih dari 20 mobil rakitan lokal berkapasitas mesin 1.500 cc ke bawah yang mendapatkan insentif PPnBM sehingga turun harga. Namun, banyaknya permintaan yang tak sebanding dengan kemampuan produksi yang berkurang di tengah pandemi diakui Irwan membuat pembeli Xpander harus inden.

Banyak Xpander Edisi Spesial

Di tahun – tahun awal, Mitsubishi secara bertahap menambah jumlah varian Xpander. Termasuk menghadirkan Xpander Cross, yang lebih difokuskan mengisi segmen SUV murah (low SUV/LSUV), pada 2019.

Di luar itu, penyegaran – penyegaran model yang Mitsubishi lakukan terhadap Xpander lebih banyak bersifat edisi spesial atau edisi terbatas. Terkini, baru saja mengaspal Xpander dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition.

Mitsubsihi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 2021

Penyegaran untuk model reguler hanya sekali dilakukan pada awal 2020 dan bersifat facelift yang minor.

“Berbagai model dan varian baru telah beberapa kali kami perkenalkan dalam kurun waktu 3,5 tahun ini. Seperti Xpander Limited Edition pada 2019, Xpander Cross akhir 2019, facelift model pada 2020 serta edisi spesial Black Edition pada penghujung 2020. Pada 2021 ini, MMKSI akan kembali meluncurkan Black Edition,” papar Irwan.

Jadi, kapan akan melakukan major change alias perubahan model signifikan terjadi pada Xpander, Mitsubishi? [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar