Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Efektifkah VSC Dalam Mengurangi Kecelakaan?

Berita Otomotif

Efektifkah VSC Dalam Mengurangi Kecelakaan?

JAKARTA – Ada banyak fitur yang kini tersemat dalam sebuah kendaraan, salah satunya Vehicle Stabillity Control atau VSC yang merupakan salah satu fitur keselamatan. Fitur ini banyak digunakan pada mobil-mobil baru.

Fungsi utama dari VSC ini adalah sebagai Roll Over Prevention. Mitigation atau mencegah agar mobil tidak terbalik saat kehilangan stabilitas. Bila sistem ini menangkap potensi roll over, ketika sedang menikung dengan kecepatan tinggi atau bahkan terlalu tajam membanting setir, sistem akan secara otomatis mengaktifkan rem.

Setelah itu, VSC akan mengatur bukaan gas sesuai kebutuhan untuk membantu pengemudi menjaga kontrol mobil. Sederhananya, cara kerja VSC adalah mengontrol laju pengendaraan dengan cara selektif memberikan pengereman pada roda yang paling membutuhkannya.

Berdasarkan data dari Insurance for Highway Safety (IIHS), Amerika Serikat, pada Juni 2006, VSC mampu menhindari sebanyak 10.000 kecelakaan setiap tahunnya. Bahkan IIHS juga memperkirakan bahwa VSC mampu mengurangi risiko fatal kecelakaan tunggal hingga sebesar 56% dan fatal crash beberapa kendaraan sebesar 32%.

Karena efektivitas nya telah dibuktikan, pemerintah AS pun mulai mewajibkan semua mobil baru harus dilengkapi dengan VSC ini. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter
 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang