Duel Mobil Balap Formula E vs Cheetah

Berita Otomotif

Duel Mobil Balap Formula E vs Cheetah

WESTERN CAPE - Apa jadinya jika sebuah mobil balap formula bertenaga listrik atau Formula E dengan seekor Cheetah, binatang yang memiliki reputasi besar yakni mamalia tercepat di darat.

Mungkin Anda tidak akan aneh jika melihat balap drag race antar dua mobil atau mobil dengan sepeda motor juga mungkin mobil lawan pesawat. Namun Anda pasti terheran jika sebuah mobil formula adu kencang dengan seekor binatang.

Dirilis oleh FIA Formula E, tampak pada video sebuah Formula E dikendarai mantan pembalap F1 yang kini berlaga di Formula E Jean-Eric Vergne dari Techeetah tengah bersiap untuk beraksi di trek kecil di Western Cape, Afrika. Yang menarik, lawannya adalah seekor Cheetah, memiliki tubuh aerodinamisnya seakan tak gentar untuk beradu cepat dengan siapa pun.

Untuk diketahui, Formula E belakangan memang mulai populer meski belum sebesar balap F1. Ada beberapa perbedaan mendasar antar mobil Formula E dan F1.

Di antaranya adalah mobil Formula E lebih berat dengan bobot 898 kg dibanding F1 yang hanya 702 kg. Formula E memiliki 268 hp sementara F1 952 hp. Formula E bisa berakselerasi 0 - 100 km/jam dalam 3 detik dengan kecepatan makasimal 225 km/jam sementara F1 lebih cepat yakni 2.1 detik plus top speed 378 km/jam. Dan tak lupa Formula E tidak berisik karena memiliki tingkat kebisingan hanya 80 dB sementara F1 134 dB.

.
"Kami mengetahui kesamaan dalam kinerja antara mobil Formula E dan seekor cheetah, jadi kami penasaran melihat hasilnya. Namun yang lebih penting adalah menentukan hasilnya untuk masa depan. Bukan hanya kita, tapi juga cheetah dan hewan lain yang kita miliki bersama di planet ini," jelas Alejandro Agag, pendiri dan CEO Formula E.

Sementara sang pembalap, Jean-Eric Vergne memberikan komentar yang berkaitan dengan kesadaran kita untuk menjaga lingkungan di masa depan.

"Tim Formula-E Techeetah dan saya ingin menjadi bagian dari peningkatan kesadaran akan dampak yang lebih luas yang telah terjadi pada perubahan iklim di planet kita." jelas Vergne.

Vergne yang merupakan pememenag GP Formula E Montreal beberapa waktu lalu menambahkan, saat ini tinggal tersisa 7.000 ekor cheetah yang masih hidup di alam liar. Ini tentunya menjadi wajib menjadi perhatian dunia dan diperlukan kesadaran seluruh masyarakat untuk memerangi perburuan liar serta terus menjaga habitat cheetah. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual