Ducati Monster 2021 Lebih Lincah dan Menyenangkan

Berita Otomotif

Ducati Monster 2021 Lebih Lincah dan Menyenangkan

BOLOGNA – New Ducati Monster 2021 telah diluncurkan dan akan tersedia di dealer-dealer Ducati mulai April 2021. Ducati Monster sendiri merupakan motor terlaris Ducati sepanjang sejarah dengan penjualan sekitar 350 ribu unit di dunia.

New Ducati Monster 2021 berbasis konsep yang sama, Ducati Monster 900 – sport naked bike sejati pertama. Namun model baru ini telah mendapatkan update dan penafsiran ulang. Hasilnya adalah sebuah motor dengan chassis canggih, mudah dan efisien. Beban di pergelangan tangan berkurang dan mesin menawarkan keseimbangan sangat baik antara tenaga, torsi, dan kemudahan handling.

Untuk membuat new Ducati Monster 2021, para insinyur dan perancang memulai dari awal, tetapi dengan gagasan yang jelas tentang poin-poin penting di sekitar mana model baru itu akan dibuat. Ramping dan lincah, motor ini menggabungkan pedoman dan DNA dari setiap Monster yang membuatnya langsung dapat dikenali: tangki bahan bakar berbentuk seperti “punggung bison”, lampu depan bundar “tertanam di bahu”, ekor yang bersih dan mesin di tengah. Bahasa desainnya baru dan modern.

Mesin Ducati Monster 2021

Motor baru ini membawa mesin Testastretta 11° 937cc twin-silinder berbentuk L, dengan distribusi desmodromic dan homologasi Euro 5. Dibandingkan dengan Ducati Monster 821 sebelumnya, model baru menyuguhkan peningkatan dalam perpindahan, tenaga, torsi dan penurunan berat (-2,4 kg) dan menawarkan kemampuan berkendara yang lebih baik.

Mesin baru menghasilkan tenaga 111 hp pada 9.250 rpm dengan torsi maksimum 9,5 Nm pada 6.500 rpm, terbukti efisien dan reaktif dalam respons throttle. Berkat meningkatnya kapasitas mesin, torsi ditingkatkan di semua putaran, terutama di kisaran sedang-rendah, paling banyak digunakan di jalan raya dan di antara tikungan-tikungan. Ini menjamin performa yang mendebarkan serta kemudahan dan kesenangan berkendara, juga didukung oleh gearbox baru dan Ducati Quick Shift Up / Down yang dipasang sebagai standar. Monster juga tersedia dalam versi 35 kW (47 hp), cocok untuk pemegang SIM A2.

Bobot Lebih Ringan

Rangka depan aluminium meniru konsep yang sama dengan Ducati Panigale V4. Rangka pendek dan melekat langsung ke kepala mesin. Dengan berat hanya 3 kg, rangka ini lebih ringan 4,5 kg (60% lebih ringan) dari teralis sebelumnya, membantu mengurangi berat kering motor menjadi hanya 166 kg.

Setiap komponen telah didesain ulang dan diringankan: pelek kehilangan 1,7 kg dan lengan ayun dikurangi 1,6 kg. Subframe belakang berkurang 1,9 kg berkat teknologi GFRP (Glass Fiber Reinforced Polymer), yang memungkinkan pengoptimalan bentuk dan permukaan untuk mendapatkan bobot ringan dan kekompakan dimensi. Penghematan berat total adalah 18 kg dibandingkan dengan Ducati Monster 821.

ducati monster 2021

Teknologi

Ducati membekali Ducati Monster 2021 dengan sejumlah fitur standar ABS Cornering, Traction Control dan Wheelie Control. Semuanya itu bisa diatur ke beberapa tingkat intervensi.

Karakter sporty motor baru pun ditegaskan oleh Launch Control yang memastikan start secepat kilat.

Ducati Moanster 2021 dilengkapi dengan tiga Mode Berkendara (Sport, Urban, Touring). Semuanya mudah diatur melalui kontrol setang dan dashboard TFT berwarna 4,3 inci yang menampilkan grafis racing yang meniru grafis Panigale V4, dengan tachometer besar yang menunjukkan indikasi perseneling.

Ducati Monster 2021 akan tersedia dalam pilihan warna:

  • Ducati Red dengan velg hitam
  • Dark Stealth dengan velg hitam
  • Aviator Grey dengan velg GP Red

Bagi yang menginginkan motor dengan citra lebih sporty, tersedia versi Monster Plus dengan warna senada dengan windshield dan cover jok penumpang sebagai standar. [Idr]

 

 

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar