Ducati Luncurkan Panigale V2 Edisi Troy Bayliss

Berita Otomotif

Ducati Luncurkan Panigale V2 Edisi Troy Bayliss

JAKARTA – Ducati Motors menghadirkan Panigale V2 edisi Troy Bayliss yang akan dijual dalam jumlah terbatas untuk pasar tertentu.

Nama Troy Bayliss sangat identik dengan brand Ducati. Pembalap asal Australia ini memulai karir dari AMA Superbike Championship pada 2000 dan menorehkan banyak prestasi di sana.

Ia juga pernah dipanggil untuk beraksi di WSBK (World Superbike Shampionship) untuk menggantikan Carl Fogarty yang mengalami cedera di Philip Island, Australia.

Karir Bayliss di WSBK awalnya tidak berjalan mulus, tapi seiring berjalannya waktu akhirnya dia berhasil meraih dua kemenangan di musim pertamanya.

Pria berusia 52 tahun tersebut terus menunjukkan potensinya sebagai pembalap berbakat. Ia terus memenangkan balapan setelahnya dan meraih momen-momen menyenangkan bersama Ducati.

Setelah tiga tahun meraih banyak prestasi di SBK, Ia pindah ke MotoGP pada 2003 untuk mencoba peruntungan. Karirnya di MotoGP sebenarnya tidak terlalu buruk, Ia menempati podium satu kali dan berada di urutan keenam pada klasemen sementara.
Ducati Panigale V2 Troy Bayliss

Di MotoGP, Bayliss hanya meraih satu kali kemenangan yakni pada 2006 di Valencia, Spanyol, setalah bertarung sengit lawan Valentino Rossi dan Nicky Hayden pada saat itu.

Sebagai pembalap yang telah memberikan banyak kemenangan bagi Ducati, maka hadirlah motor edisi spesial dirinya.

Motor yang dibuat khusus itu menggunakan livery sama seperti saat dirinya meraih kemenangan dan gelar pertama 20 tahun silam.

Ducati Panigale V2 edisi Troy Bayliss ini juga menggunakan nomor 21 yang menjadi salah satu ciri khasnya. Agar terasa lebih kental aura sang pembalap, motor ini juga memiliki tanda tangan yang disematkan pada tangki bahan bakar.
Ducati Panigale V2 Bayliss

Lalu kuda besi berwarna dasar merah dengan grafis putih dan hijau ini, juga dibekali komponen-komponen kompetisi seperti knalpot berbahan karbon dan titanium. Selain itu, adapula aksen merah pada jok yang kian menguatkan kesan racy.

Ducati Panigale V2 Troy Bayliss edition ini menggendong mesin 955 cc dua-silinder kembar. Jantung mekanisnya mampu menyemburkan tenaga hingga 152.8 hp pada 10.750 rpm. Sementara torsinya 104 Nm pada 9.000 rpm.

Motor edisi khusus ini memiliki bobot lebih ringan 3 kilogram daripada versi standarnya. Hal ini berkat penggunaan baterai lithium-ion dan konfigurasi jok single seater.

Ducati Panigale V2 Toy Bayliss ini dipasarkan dalam jumlah yang terbatas. Namun jumlahnya tidak diketahui berapa banyak, hanya saja harga yang ditawarkan 20.990 euro atau sekira Rp357 jutaan. [Dew/Ses]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar