Dubes China Kasih 2 DFSK Super Cab ke Warga Desa di Sukabumi

Berita Otomotif

Dubes China Kasih 2 DFSK Super Cab ke Warga Desa di Sukabumi

JAKARTA – Kedutaan Besar (Kedubes) China untuk Indonesia mendonasikan pikap DFSK Super Cab bagi sebuah desa di Jawa Barat. Sumbangan ini merupakan bagian dari program Kedubes China untuk mendukung perekonomian mikro di Nusantara.

Ada dua unit Super Cab yang diberikan bagi Desa Sukajaya, Sukabumi. Penyerahan kendaraan kepada warga, menurut keterangan resmi yang diterima Mobil123.com, dilakukan langsung oleh Xiao Qian selaku Duta Besar China untuk Indonesia pada Kamis (27/8/2020).

Franz Wang, Managing Director PT. Sokonindo Automobile yang hadir dalam acara, mengatakan bahwa DFSK menjadi simbol hubungan bilateral antara Indonesia dengan China.

“Kami adalah merek China namun diproduksi di Indonesia dan oleh sumber daya manusia terampil Indonesia. Kami turut bangga kini hubungan antarkedua negara ini semakin erat, tidak hanya di sektor makro namun hingga ke sektor mikro dan DFSK Super Cab bisa menjadi sarana di dalam hubungan baik ini,” ucap Wang.

Sekadar mengingatkan, DFSK mulai berjualan di Indonesia pada 2018, tak lama setelah pabrik mereka di Cikande, Serang, Banten mulai beroperasi pada akhir 2017. Selain menjual Super Cab, mereka juga memasarkan tiga sport utility vehicle (SUV) yaitu DFSK Glory 560, DFSK Glory 580, serta DFSK Glory i-Auto yang baru saja meluncur pada tahun ini.

Lebih lanjut, Kedubes China memilih Super Cab varian mesin bensin 1.5-liter dengan daya 102 hp plus torsi 140 Nm untuk warga Desa Sukajaya. Mayoritas masyarakat di sana diketahui memiliki usaha di sektor perkebunan, agrowisata, dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) untuk makanan ringan.

Kendaraan niaga ringan seperti pikap kecil sangat dibutuhkan untuk membantu kelancaran distribusi pemasaran hasil-hasil perkebunan dan makanan hasil produksi di sana. Wang merasa Super Cab amat cocok dengan kebutuhan tersebut.

Super Cab, menurut dia, sejak awal dirancang memenuhi kebutuhan penduduk Indonesia dan telah disesuaikan dengan kondisi jalanan negeri ini. Bicara spesifikasi, Super Cab didukung sasis berteknologi Nine Horizontal dan Two Longitudinal beams yang menambah stabilitas dan kekuatan untuk menempuh berbagai medan dengan beban yang ada.

Desain ini kemudian didukung bak belakang berukuran 2,310 mm x 1,670 mm x 340 mm (PxLxT) dengan kapasitas daya angkut hingga 1.399 Kilogram. Daya angkut dari model ini diklaim terbesar di kelasnya. Mesinnya sendiri dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar