Dua Dealer Baru Mitsubishi Dulunya Milik Merek Lain

Berita Otomotif

Dua Dealer Baru Mitsubishi Dulunya Milik Merek Lain

JAKARTA - Dua dealer teranyar Mitsubishi di Indonesia merupakan peralihan dari merek mobil lain, satu dari Asia sementara satu lagi merek Amerika Serikat.

Mitsubishi melanjutkan agresivitas pengembangan jaringan penjualan dan purnajual untuk kendaraan penumpang di Nusantara, dengan melakukan seremoni dua dealer baru dalam satu hari. Dealer-dealer yang merupakan buah kerja sama dengan PT. Sun Motor Group terletak di Caman, Bekasi serta Cempaka Putih, Jakarta.

Dealer Mitsubishi Sun Star Prima Motor - Caman, Bekasi terletak di Jl. Raya Kalimalang No.43, Jatibening. Adapun satu lainnya berada di Jl. Letjend Suprapto No.M-78.

Dealer Cempaka Putih sebelumnya untuk merek Jepang, sedangkan outlet di Caman dahulu dibangun untuk merek dari ‘Negeri Paman Sam’. Namun, mereka memutuskan menggantinya.

“Sun Star Prima Motor ini, kan, memang punya dealer-dealer dari beberapa merek. Tapi memang yang paling besar Mitsubishi. Dealer Mitsubishi di Jakarta selama ini boleh dibilang cuma di Fatmawati, sisanya di sekitar Jakarta. Jadi kami perkuat pemosisian di wilayah Jakarta,” papar dia dalam konferensi pers di Cempaka Putih, Jakarta.

Dealer dari merek-merek lainnya sendiri, ujar Nugroho, masih mereka pertahankan. Rudi Rimawan, General Manager Operasional PT. Sun Star Prima Motor Jabodetabek Group, menambahkan praktik ganti-ganti merek yang dilakukan oleh mitra dealer pabrikan merupakan hal biasa.

“Kami sudah minta izin ke principal (merek sebelumnya). Aturan dari Mitsubishi sendiri adalah harus mendapat izin dari merek sebelumnya untuk bisa membangun dealer,” tandas Rudi.

Dealer ke-135 dan ke-136
Setia Hariadi, Head of 3S Network Development Department PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menjelaskan bahwa dengan penambahan ini jumlah dealer merek berlogo tiga berlian tersebut yang sudah diresmikan berjumlah 136 outlet. Jumlah riilnya sendiri lebih banyak.

“Dealer yang sudah beroperasi 144 outlet. Terakhir di Tanjung Api-Api Palembang. Tapi yang sudah dilakukan seremoni pembukaan 136 outlet,” paparnya.

Dealer di Caman plus Cempaka Putih berfasilitas sales, service, spare parts (3S). Untuk purnajual, masing-masing 7 stall untuk servis umum, 1 stall inspection line, 2 stall Mitsubishi Quick Pit dengan total daya tampung kendaraan 31 unit sehari.

“Total investasi termasuk tanah Rp 43 miliar di Caman dan lebih dari Rp 100 miliar di Cempaka Putih karena harga tanah yang sudah tinggi dan bangunannya empat lantai,” tutup Rudi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar