Diskon PPnBM Sebabkan Inden, Produksi Suzuki XL7 dan Ertiga Ditambah Perlahan

Berita Otomotif

Diskon PPnBM Sebabkan Inden, Produksi Suzuki XL7 dan Ertiga Ditambah Perlahan

JAKARTA – Produksi Suzuki XL7 dan Ertiga terus ditambah dengan perlahan, demi mengurangi inden karena meningkatnya permintaan berkat diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) mobil baru.

Xl7 maupun Ertiga merupakan dua model Suzuki yang berhak mendapatkan diskon PPnBM 100 persen untuk kategori mobil-mobil 1.500 cc ke bawah.

Soalnya, kendaraan di segmen SUV serta MPV Rp200 jutaan ini memenuhi persyaratan dari pemerintah untuk stimulus tersebut, yakni sudah dirakit secara lokal dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) minimal 60 persen.

Insentif tersebut berlaku sejak Maret 2021. Pemerintah lalu memperpanjangnya dua kali dan terakhir diskon PPnBM 100 persen diberikan hingga akhir 2021.

Suzuki XL7

“Kami menyadari, dengan adanya insentif PPnBM 100 persen, daya beli meningkat luar biasa. Hampir di semua merek mobil yang mendapatkannya mengalami peningkatan (permintaan) luar biasa. Kami di awal-awal juga sempat keteteran dan unitnya sempat agak inden,” ucap Assistant to Sales Department PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Sukma Dewi dalam Diskusi Virtual Suzuki bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot), Jumat pekan lalu.

Suzuki pun, lanjut dia, berusaha meningkatkan suplai dengan menambah produksi Suzuki XL7 serta Ertiga di pabrik Cikarang, Bekasi. Meski demikian, penambahan harus dilakukan secara perlahan.

“Itu terkait dengan berbagai pihak, seperti pemasok, vendor-vendor banyak komponen dan suku cadang yang terdapat pada satu mobil sehingga mungkin tidak bisa 100 persen memenuhi keinginan konsumen. Kami mencoba mengorganisasikannya dengan sebaik mungkin,” jelas Dewi.

Volume produksi XL7 maupun Ertiga, lanjutnya, pelan tapi pasti bertambah dengan persentase dua digit setiap bulan.

“Minimal 10-15 persen setiap bulannya,” tutup Dewi.

Suzuki Ertiga generasi kedua

Diskon PPnBM 100 persen secara total didapatkan oleh lebih dari 20 model kendaraan yang berada di luar segmen low cost green car (LCGC). Soalnya, model-model LCGC sejak muncul pada 2013 memang sudah bebas PPnBM.

Untuk mereknya sendiri berjumlah tujuh dan hampir semua berasal dari Jepang. Merek-merek di dalam daftar itu, selain Suzuki, adalah Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Honda, Nissan, Wuling. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar