Diskon Besar Mobil Baru Bikin Pedagang Mobil Bekas Terpukul

Berita Otomotif

Diskon Besar Mobil Baru Bikin Pedagang Mobil Bekas Terpukul

JAKARTA - Saat ini perekonomian Indonesia tengah lesu. Penjualan mobil baru drop, membuat para produsen mengobral mobil mereka dengan diskon besar.

Langkah para produsen ini membuat penjual mobil bekas kelabakan.

Seperti diketahui, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah merevisi target penjualan mobil baru. Bila tahun lalu penjualan mobil di Indonesia mencapai angka 1,2 juta unit, tahun ini diperkirakan angka itu akan turun menjadi sekitar 1-1,1 juta unit.

Stok mobil baru di pasar pun tergolong tinggi. Ini yang membuat para produsen memberikan diskon besar pada mobil baru.

"Banyak showroom yang terpengaruh. Banyak yang down," kata Agustinus, juragan dari Focus Motor yang berlokasi di Mangga Dua Square, Jakarta.

Dia lalu memberi contoh pada Mitsubishi Pajero Sport. Beberapa bulan lalu dia mengetahui diskonnya  Rp 20 juta, tapi ketika dicek lagi seminggu kemudian diskon menjadi Rp 50 juta.

"Padahal kita ambil Pajero Sport tahun 2014 saja sudah Rp 390 juta. Nah, para pedagang jadi bingung mau jual berapa karena yang baru saja harganya Rp 400 juta. Belum lagi Fortuner yang diskonnya sempat sampai Rp 60 juta," jelasnya.

Ini yang membuat showroom-showroom mobil bekas kecil kelabakan. Karena pada akhirnya para pedagang harus jual rugi mobil mereka. 

"Harga mobil baru dan bekas seperti balapan. Kasihan showroom-showroom kecil. Bayangkan kalau mereka hanya punya 6 mobil dan isinya mobil-mobil seperti Fortuner, Pajero Sport dan CR-V. Rugi semua itu," lugas Agus.

Karena itu dia meminta para produsen bijak menentukan besaran diskon pada mobil baru karena selain berefek ke pedagang, konsumen juga terkena imbasnya.

"Kasihan  konsumen yang mau jual mobil, harganya jadi jatuh karena harga barunya diskon besar," tuntas Agus. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual