Mitsubishi Resmikan Dealer Berkonsep 2 in 1

Berita Otomotif

Mitsubishi Resmikan Dealer Berkonsep 2 in 1

BANDUNG - Dealer Mitsubishi di Rancaekek, Bandung ini menghadirkan layanan dari dua brand kendaraan penumpang dan niaga dalam satu tempat. 

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang Mitsubishi dan PT Krama Yuda Tiga Berlian Motor (KTB) melalui brand Fuso bekerjasama dengan Sumatera Berlian Motor (SMB) Group meresmikan dealer berkonsep 2 in 1. Ini merupakan langkah positif tentunya pasca Mitsubishi Indonesia berpisah menjadi MMKSI dan KTB sekitar setahun lalu.

PT Dahana Berlian Motor (DBM), anak perusahaan SMB Group didaulat sebagai dealer yang menyajikan layanan 3S (Sales, Service, Spare Parts). Dealer yang berdiri di atas lahan 5.130 m2 dengan luas bangunan 1.210 m2 ini terletak di Jl. Raya Bandung – Garut Km. 20, Ds. Bojongloa, Kec. Rancaekek, Kab. Bandung.

Meski berada di satu tempat, layanan dari divisi kendaraan penumpang maupun kendaraan niaga benar-benar terpisah.  Ini artinya konsumen dengan Mitsubishi Mirage, Xpander, Delica, Triton, Pajero Sport tidak akan dalam satu antrian dengan pengguna Mitsubishi Fuso, Canter, L300 hingga T120SS.

Fasilitas servis untuk kendaraan penumpang dilengkapi 4 stall fasilitas servis umum, 1 stall inspection line dan 2 stall Mitsubishi Quick Pit (MQP) yaitu layanan service ringan dengan waktu kurang dari 60 menit khusus kendaraan penumpang. Meliputi pemeriksaan secara umum seperti pembersihan air filter, penggantian oli kendaraan dan lain-lain. 

Kapasitas service-nya sendiri mencapai 22 kendaraan per hari. Selain layanan service booking, juga tersedia layanan HSK (Home Service Kit) bagi konsumen dalam kondisi mendesak yang membutuhkan service di lokasi tertentu. 

Sementara itu, area kendaraan niaga memiliki fasilitas 4 stall besar dan 6 stall kecil. Dengan dukungan tenaga mekanik handal untuk menangani perbaikan dan perawatan kendaraan hingga 12 unit per harinya.  

"Ini adalah dealer passenger car ke 115 dan yg ke 288 dari keseluruhan jaringan baik passenger car dan light commercial vehicle. Dengan pengalaman SBM Group, saya yakin PT DBM juga akan sukses mengembangkan bisnis melayani customer serta customer satisfaction yang baik serta meningkatkan brand image Mitsubishi," kata Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI.

Duljatmono, Director of Sales & Marketing PT KTB menjelaskan diler gabungan ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Penempatan kendaraan penumpang dan niaga sudah menjadi satu di bawah KTB.

"Sejak April 2017 lalu dipisahkan supaya lebih fokus dengan segmen produknya. Jadi, di sini ada dua dealer yaitu passanger car dan Mitsubishi Fuso. Dan, kebetulan marketnya untuk mengcover area Jawa Barat yang terus tumbuh," ujarnya saat hadir di lokasi acara. 

Dia menyebut penambahan ini juga sebagai langkah antisipasi untuk menghadapi demand yang terus naik. Termasuk dari wilayah Jawa Barat sebagai penyumbang 11 persen penjualan Mitsubishi Fuso secara nasional. 

Terakhir, konsep dua dealer dalam satu tempat ini rupanya akan terus dikembangkan, tidak hanya di Jawa Barat saja. Setia Hariadi, Head of MMC Dealer Development mengatakan dealer seperti ini juga akan berada di kota lainnya. 

"Jadi masih ada empat diler lagi adalah Sumatera Berlian Motor Krakatau (Medan), Pekan Perkasa Berlian Motor (Batam), kemudian di LBUM Bandar Jaya dan Pangkal Pinang. Seluruh fasilitas yang ada dedicated dan benar-benar terpisah. Mulai dari area parking, showroom, ruang tunggu service maupun workshop terpisah antara kendaraan komersil serta passenger car," tutup Setia. [Ary/Ari]



Ary Dwinoviansyah

Ary Dwinoviansyah

Ary mulai bekerja sebagai seorang jurnalis otomotif sejak tahun 2008 dan sangat mencintai sepedamotor. Nonton MotoGP merupakan salah satu hobi untuk menghabiskan akhir pekannya. Dia juga memimpikan memiliki mobil Transformers.


Berita Utama


Komentar