Di Arab, Hal Sepele Ini Bisa Buat Harga Mobil Jatuh

Berita Otomotif

Di Arab, Hal Sepele Ini Bisa Buat Harga Mobil Jatuh

JAKARTA – Melakukan ekspor keluar negeri ternyata tidaklah mudah. Diperlukan quality control yang ketat agar sebuah produk bisa diterima di negara tujuan. Salah satunya adalah Toyota yang mengaku mengalami kesulitan saat melakukan ekspor kendaraan di Arab Saudi.

Edward Otto Kanter, Direktur Senior TMMIN mengatakan bahwa pihaknya harus terus-menerus melakukan pengembangan agar produk yang mereka produksi bisa terjaga kualitasnya. Bila tidak, maka pertaruhannya adalah nama Toyota Indonesia sendiri.

“Jadi di Arab Saudi, kalau ada titik sekecil ujung pulpen sekalipun yang disebabkan oleh manufaktur, dealer akan terpaksa menjualnya dengan harga sekitar Rp 20 juta lebih murah dari harga sebenarnya. Karena di sana itu, konsumen memang benar-benar dijaga.  Karena inilah kita berusaha sebaik mungkin untuk menjaga kualitas kendaraan agar tetap dalam kondisi terbaik saat tiba di negara tujuan,” ungkapnya di sela-sela media port visit.

Padahal, kondisi pelabuhan di sana ternyata tidak sebaik kondisi pelabuhan di Indonesia. Pasalnya terminal pelabuhan kendaraan disamakan dengan komuditi lain. akibatnya, penjagaan kualitas menjadi lebih sulit.

Meski demikian, ternyata Toyota Indonesia berhasil membuktikan bahwa pihaknya mampu menjaga kualitas kendaraan mereka. terbukti dengan banyaknya jumlah ekspor kendaraan ke Timur Tengah, khususnya ke Arab Saudi. Bahkan, Arab Saudi kini merupakan salah satu negara tujuan ekspor Toyota Indonesia yang terbesar. Tercatat, 5.000 unit Fortuner telah dikirimkan ke negara tersebut selama bulan Januari 2017.

Tak hanya Fortuner, Toyota juga mengekspor Vios serta Kijang Innova ke Arab Saudi dan mendapatkan respon yang cukup baik. Dengan ini maka Toyota Indonesia juga berharap produknya bisa diterima di negara kawasan Timur Tengah lainnya atau setidaknya hingga ke Maroko.

“Maroko adalah negara incaran kami berikutnya. Semoga saja bisa dalam waktu dekat ini kami mengekspor kendaraan kesana,” pungkas Edward. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual