DFSK Glory 580, Antara Momentum dan Studi Lanjutan

Berita Otomotif

DFSK Glory 580, Antara Momentum dan Studi Lanjutan

JAKARTA – Dongfeng Sokon (DFSK) Glory 580 sejatinya akan diluncurkan pada Februari namun akhirnya molor hingga April karena adanya studi lanjutan.

Dalam peresmian pabrik Cikande, Serang, Banten pada November tahun lalu, DFSK sempat mengungkapkan bahwa sport utility vehicle (SUV) ini dijadwalkan meluncur kuartal satu 2018, tepatnya Februari. Namun, akhirnya peluncurannya terjadi di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, 19-29 April di JIExpo Kemayoran dengan program cash back Rp 15 juta.

Co-Chief Executive Officer PT. Sokonindo Automobile Alexander Barus mengatakan alasan mundurnya waktu peluncuran hingga sekitar dua bulan disebabkan oleh pengkajian lanjutan mengenai pasar. Berbagai hal dilihat lagi, seperti soal struktur pasar terkini, pergeseran yang terjadi, penyerapan di pasar SUV, hingga penghitungan ulang harga.

“Kami harus cari momen di mana kami masuk. Momentum itu penting,” ucap Alexander ketika menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela IIMS 2018.

Glory 580 kini terjun di pasar dalam dua varian yang terdiri dari empat tipe yakni Comfort 1.8 L Comfort 5M/T (harga Rp 245,9 juta on-the road Jakarta), Comfort 1.8 L CVT (Rp 282 juta), Luxury 1.5 L Turbo 6M/T (Rp 295 juta), Luxury 1.5 L Turbo Luxury CVT (Rp 308 juta). Ke depannya, masih akan ada dua varian Glory 580 lagi dalam antrean untuk pasar Tanah Air yaitu Elite serta Premium, tetapi DFSK belum membeberkan waktunya.

“Tahun ini kami targetkan penjualan kira-kira 8-10 ribu untuk Glory 580,” papar Alexander lagi.

Sokon bermain di pasar otomotif nasional dengan berinvestasi 150 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,08 triliun untuk membangun pabrik berkapasitas total 50 ribu unit setahun di Cikander. Investasi kelak ditingkatkan hingga 300 juta dollar AS atau Rp 4,17 triliun untuk mendirikan pabrik mesin.

Pabrik Cikande juga dipersiapkan sebagai basis produksi DFSK di Asia Tenggara, bahkan global. Pasalnya, ini merupakan fasilitas perakitan mobil bersetir kanan milik pemerintah pusat Cina di dunia. Pabrik Cikande memproduksi Glory 580 plus pick up Super Cab. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual