DFSK Glory 560 Diklaim Tahan Hadapi Genangan Setinggi Ini

Berita Otomotif

DFSK Glory 560 Diklaim Tahan Hadapi Genangan Setinggi Ini

JAKARTA – DFSK Glory 560 diklaim mempunyai spesifikasi yang membuatnya cukup tangguh menerabas genangan setinggi hingga setengah ban di jalan saat musim hujan seperti sekarang ini.

Glory 560, menurut keterangan resmi dari DFSK yang diterima Mobil123.com pada Rabu (29/1/2020), dirancang untuk lebih tahan terhadap genangan di jalan. Di samping itu, pesaing Toyota Rush tersebut dikembangkan agar sesuai dengan kondisi jalan Indonesia yang banyak berlubang, berkontur naik-turun, hingga memiliki banyak titik genangan di musim hujan.

Menurut merek mobil asal China ini, keunggulan pertama Glory 560 dalam menghadapi genangan adalah ground clearance tinggi. Ground clearance low sport utility vehicle (SUV) tersebut mencapai 200 mm dan diklaim sebagai salah satu yang tertinggi di kelasnya.

Potensi terpentok di lubang pun berkurang. Selain itu, konsumen dijanjikan bisa bebas dari kekhawatiran air masuk ke kabin saat menerabas genangan hingga level setengah dari ketinggian ban.

Di bagian kaki-kaki, Glory 560 menggunakan pelek 17 inchi dengan ban berprofil besar (215/60 R 17). Ini mereka sebut dapat memberikan kepercayaan diri dalam melindas lubang, stabilitas ketika melintasi jalan tergenang, plus memperkecil risiko aquaplanning di jalan.

Dengan semua kelebihan ini, potensi terjadinya water hammer pada Glory 560, menurut Sugiartono selaku Technical Training Division Manager PT. Sokonindo Automobile, berkurang pula. Water hammer sendiri, jelas dia, ialah air yang masuk dalam mesin khususnya ruang bakar sehingga di ruang bakar tidak terjadi pembakaran karena terisi air.

Efek water hammer amat fatal karena ketika air masuk di tengah-tengah pembakaran, membuat ritme gerak piston berantakan. Piston lalu saling menghantam dan bisa membuatnya pecah serta setang piston bengkok.

"Kunci utama perlindungan utama DFSK Glory 560 dari water hammer adalah posisi lubang hisap udara mesin yang posisinya cukup tinggi, di atas lampu utama. Posisi ini akan melindungi serta memperkecil resiko air masuk ke dalam mesin melalui lubang hisap udara. Meski demikian, selalu perhatikan dan waspada akan kondisi banjir sebelum melintasinya," tegas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support