Detik-Detik Bugatti Langka Seharga Rp 36 Miliar Gagal Ngerem dan Nabrak

Berita Otomotif

Detik-Detik Bugatti Langka Seharga Rp 36 Miliar Gagal Ngerem dan Nabrak

GSTAAD - Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse L'Or Blanc terlihat gagal melakukan pengereman dan menabrak tumpukan jerami saat beraksi mengembangkan kecepatan saat dragrace.

Kejadian ini terjadi di bandara Gstaad, Swiss pada acara gathering mobil-mobil eksotis pada pekan akhir pekan lalu. Tabrakan terjadi saat Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse L'Or Blanc melakukan dragrace dengan sportscar lainnya.

Bugatti eksotis super langka yang hanya dibuat 1 unit ini tampak tidak bisa menghentikan lajunya saat menyentuh garis akhir. Mobil ini tampak terus melaju meski pengemudi sudah menginjak pedal rem dengan keras sehingga menghasilkan decitan cukup kencang.

Sistem pengereman udara hypercar asal Prancis yang ada pada 4 bannya sepertinya gagal berfungsi. Ban seperti terkunci saat pengereman dan menghasilkan kepulan asap dari belakang mobil, tak lama kemudian  Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse L'Or Blanc menabrak tumpukkan jerami yang dipasang sebagai pelindung di ujung landasan.

Karena hanya menabrak tumpukan jerami,  Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse L'Or Blanc ini masih bisa berjalan. Dan kemudian berputar menuju jalur dragrace.

Dari video yang diposting akun Instagram ch_cars_spotting, tidak tampak kerusakan yang terjadi. Namun sumber yang menjadi saksi mata saat kejadian mengatakan bahwa salah satu air intake bagian tengah tampak retak. Konon ini tidak bisa diperbaiki, dan harus diganti satu set seluruh bemper depannya.

Hal ini tentu tidak murah alias sangat mahal. Apalagi  Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse L'Or Blanc hanya satu-satunya yang pernah dibuat, tentu harus membuatnya secara khusus. Tapi jika Anda pemilik mobil seharga awal Rp 36 miliar tentu mampu membayar tagihannya.

Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse L'Or Blanc tabrakan

Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse L'Or Blanc pertama kali diperkenalkan di Beijing Motor Show 2012. Bugatti disebut membuat mobil ini bak maha karya dnegan merealisasikan ide-ide luar biasa dan tetap setia pada kualitas juga estetika.

Dalam membangun  Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse L'Or Blanc dilakukan beberapa eksperimen untuk menggunakan material baru. Hal-hal demikian memang sudah menjadi ciri khas yang dilakukan oleh sang founder, Ettore Bugatti. 

Hypercar dikabarkan dibuat dari bahan campuran alumunium dan serat karbon. Catnya sendiri dikerjakan oleh desainer porselen asal Jerman, Königliche Porzellan-Manufatur Berlin (KPM) yang terkenal memiliki teknik dan pola rumitnya.

KPM juga mengerjakan tutup tengah roda, tutup tangki bensin dan potongan trim interior. Seluruhnya dikerjakan handmade alias kerajinan tangan.

Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse L'Or Blanc yang memiliki mesin dengan tenaga mencapai 1.001 hp waktu itu dikabarkan telah laku terjual oleh seseorang kolektor asal Arab Saudi. Namun tidak diketahui identitasnya dan apakah pemiliknya saat ini masih orang yang sama. 

Dengan kejadian ini, berarti sudah 2 Bugatti yang terlibat kecelakaan selang beberapa minggu terakhir. Sampai berita ini dibuat belum dirilis secara resmi penyebab kecelakaan, apakah karena malfungsi mobil atau human error.  [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar