Desta Clubeighties : Merawat Mobil Tua Butuh Kesabaran Ekstra

Berita Otomotif

Desta Clubeighties : Merawat Mobil Tua Butuh Kesabaran Ekstra

JAKARTA – Desta Mahendra, mantan drummer band Clubeighties mengatakan bahwa untuk membeli mobil tua harus memiliki kesabaran ekstra.

Hal ini Ia sampaikan dalam salah satu video Youtube miliknya yang menampilkan dua mobil retro miliknya, Toyota Starlet 1.3 SE tahun 1990 dan Honda Civic Estilo 1992. Kesabaran ekstra tersebut diperlukan karena mobil berusia tua harus mendapatkan perhatian lebih agar berfungsi dengan maksimal.

“Kalau punya mobil tua itu harus sabar ya, karena membetulkan (bagian yang ini, ternyata (bagian) lainnya juga harus dibetulkan. Harus sabar kalau sama mobil tua tuh, kita yang harus telaten,” ungkapnya dalam video tersebut.

Tak hanya hanya itu, salah satu tantangan terbesar dalam merawat mobil tua adalah mencari sparepart. Ini karena umumnya pabrikan kendaraan hanya menjamin ketersediaan sparepart selama 10 tahun sejak mobil terakhir kali diproduksi.

“Selain itu, cari parts-partsnya juga tidak mudah. Ini dashboard (Honda Civic Estilo 1992), saya beli lagi. Speedometernya, saya beli di salah satu situs jual beli online. Banyak printilan yang susah sebenarnya,” terangnya kemudian.

Ia juga mengklaim sudah melakukan sedikit modifikasi pada kendaraannya, khususnya pada Toyota Starlet 1.3 SE. Salah satu modifikasi yang dilakukan adalah dengan mengganti headunitnya agar lebih modern.

“Ini headunitnya saya ganti. Sebenarnya saya dapet orisinilnya, tapi karena sudah terlalu tua jadi suaranya tidak enak,” terangnya.

Meski demikian, Ia mengaku senang dengan Toyota Starlet dan Honda Civic Estilo berwarna putih yang dimilikinya. Hal ini karena kedua mobil tersebut memang memiliki kenangan tersendiri pada masa mudanya.

“Sebetulnya, dulu pas saya kuliah saya pernah pakai Toyota Starlet ini. Jadi seperti mengembalikan masa-masa dulu saja. Hanya saja dulu yang belikan (mobil) adalah orang tua. Saya tuh senang mengenang masa-masa jaman dulu,” terangnya.

Di Mobil123 ada beberapa pilihan Toyota Starlet dan Honda Civic Estilo dari berbagai tahun yang dijual dengan beragam kondisi dan harga. Toyota Starlet misalnya, ada sedikitnya 44 iklan yang ditampilkan. Sementara untuh Honda Civic Estilo ada sekitar 3 iklan yang ditampilkan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar