Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Desainer Mobil F1 Alih Profesi Menjadi Desainer Truk

Mobil Baru

Desainer Mobil F1 Alih Profesi Menjadi Desainer Truk

SHALFORD - Nama Gordon Murray mungkin bukan nama asing buat pecinta F1 dan mobil sport. Ia sudah dikenal sebagai salah satu insinyur yang membangun mobil F1 untuk McLaren sekaligus mobil-mobil sport lain.

Kabar terbaru dari Murray, kini Ia mencoba tantangan baru dengan membuat mobil untuk mobilitas masyarakat yaitu Global Vehicle Trust (GVT) OX flat-pack truck. Kendaraan ini disebut Murray sebagai flat-pack truck pertama di dunia.

OX merupakan perwujudan dari visi seorang pengusaha bernama Sir Torquil Norman yang kemudian didesain oleh Murray. Dibuat dengan satu tujuan yaitu menyediakan sebuah kendaraan yang sanggup memudahkan mobilitas orang di hampir semua lokasi terpencil di dunia, termasuk negara-negara tertinggal.

Mobil ini dibuat dengan desain yang sederhana namun terlihat sangat fungsional. Desainnya yang boxy dan tingginya ground clearance membuat mobil ini memiliki kapasitas besar dan sanggup menempuh medan apapun. Uniknya lagi, posisi pengemudi diletakkan di tengah, bukan di kiri atau kanan. Letak ini justru mengingatkan akan posisi pengemudi di mobil-mobil F1.

Kendaraan ini dilengkapi dengan mesin turbo diesel berkapasitas 2.200cc yang mampu melepas tenaga 97 hp. OX juga telah dibekali dengan 5 percepatan manual serta roda berukuran 16 inchi. Dengan dimensi panjang 4.229 mm dan lebar 2.070mm, maka ada 13 orang atau 8 drum berukuran 166L yang mampu dibawa OX dalam 1 kali perjalanan. Total beban yang mampu dibawa OX adalah 1.900kg.

“Meski saya telah mendesain kendaraan selama 45 tahun, termasuk di F1, mendesain OX dan mengerjakan program prototypenya adalah sebuah tantangan yang sangat menarik. Tantangan utama terletak pada bagiamana cara agar kendaraan ini memiliki harga terjangkau dan memiliki daya tahan tinggi,” ungkapnya.

3 buah prototype telah selesai dibuat dan siap untuk diuji. Setelah itu, OX siap masuk ke tahap produksi.

“Impian saya adalah melihat OX di semua desa di Afrika,” tutur Sir Torquil Norman yang mendirikan GVT 5 tahun lalu. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang