Desain Ban Futuristik Karya Mahasiswa

Berita Otomotif

Desain Ban Futuristik Karya Mahasiswa

PFORZHEIM - Imajenasi adalah kunci kemajuan. Itulah yang dipegang oleh Hankook, produsen ban terkenal. Untuk itu Hankook pun mengadakan kontes desain ban yang pada akhirnya menghasilkan berbagai desain ban yang futuristik.

Menggunakan nama Hankook Tyre Design Challenge, Hankook menantang para mahasiswa untuk membuat konsep ban untuk kendaraan masa depan. Syaratnya, konsep-konsep ini harus memiliki ide untuk mengatasi banyak faktor seperti bagaimana mengurangi jumlah bahan baku yang diperlukan untuk produksi, bisa didaur ulang, efisien dan memiliki kinerja yang oke.

Kompetisi yang digelar setiap dua tahun tersebut pada tahun ini Hankook bermitra dengan University of Design, Engineering and Business di Pforzheim, Jerman.

Selama 1 semester, para mahasiswa dari jurusan Transportation Design di tingkat Master of Arts pun berlomba untuk menciptakan konsep mereka. Nah, para pemenang baru-baru ini diumumkan di Essen Motor Show.

Pemenang pertama adalah hasil karya Samir Sadikov dengan nama 'Dakar.' Konsep buatan Sadikov tersebut dimaksudkan untuk digunakan dalam balapan ketahanan Dakar dimana ban diperlukan baik untuk perjalanan onroad maupun offroad.

Uniknya, tapak ban ini memiliki bentuk heksagonal yang masing-masing memiliki penampungan udara sendiri. Jadi bila 1 bagian ban rusak, hanya bagian itu saja yang diganti tanpa perlu mengganti seluruh ban. 

Sementara pemenang kedua adalah 'Vent Tyre' buatan Andreas Hartl yang memiliki desain unik karena tampil bak kipas. Menurut Hartl, desain ini membuat ban mampu meminimalkan kemungkinan hydroplaning di jalan basah.

Dan pemenang ketiga adalah 'Konzept Winter' karya Lucia Lee. Ban pada desain Lee ini tidak terlalu 'liar' seperti kedua ban lainnya. Tapi menurut Lee desain ban ini memungkinkan ban memiliki traksi maksimal di berbagai medan. Bahkan, untuk melibas jalanan penuh salju, ban ini masih bisa menampilkan kinerjanya. [Syu/Idr]

Temukan Mobil Idaman Anda di sini

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support