Deretan Mobil Buatan Mahasiswa Mejeng di IIMS 2016

Berita Otomotif

Deretan Mobil Buatan Mahasiswa Mejeng di IIMS 2016

JAKARTA – Mobil listrik memang dianggap sebagai mobil masa depan. Untuk itu, pada ajang Indonesia International Motor Show 2016, mobil-mobil listrik pun juga dikenalkan. Termasuk mobil nasional.

Bukan mobil listrik biasa yang dipamerkan dalam ajang ini, melainkan mobil-mobil listrik buatan anak bangsa. Mobil-mobil listrik tersebut dibuat oleh mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Lantas, apa saja mobil tersebut? Berikut ulasannya.

Kaliurang UNISI Generasi 2


Mobil listrik karya Ulil Albab Student Center Universitas Islam Indonesia (UASC UII) ini telah menggunakan Lithium Ion Energy terbaru yang diklaim lebih ringan, handal, tahan lama dan jarak tempuh lebih jauh. 

Sementara untuk mesinnya, mobil ini dibekali dengan mesin berkapasitas 2200 watt direct drive non LSD. Mesin ini mampu melepas tenaga sebesar 3hp dengan torsi mencapai 100 Nm.

Keunggulan utamanya, mobil ini, sudah menggunaan Android based Monitoring Sistem yang berfungsi untuk menampilkan semua informasi mobil melalui smartphone.

Kujang 193


Mobil ini pertama kali dibuat pada tahun 2012 oleh mahasiswa teknik mesin Universitas Pasundan yang tergabung dalam tim Jalak Harupat. Mobil ini dibuat untuk ajang kompetisi mobil listrik mahasiswa tingkat nasional.

Kujang 193 memiliki bobot 204 kg dan dibekali dengan baterai jenis Lead Acid berkapasitas 12V 42 Ah. Dengan ini, jarak tempuh maksimalnya mencapai 40 km dan kecepatan maksimum 65 km/jam.

Tarusbawa Electric Car


Dengan pangang 243 cm, lebar 82 cm dan tinggi 73 cm, Tarusbawa Electric Car menjadi salah satu mobil Electric kebanggaan Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung. 
Mobil ini menggunakan bahan plat alumunium dengan tebal 0,6 mm sehingga bobot mobil tetap tejaga.

Tarusbawa Electric Car menggunakan mesin motot listrik BLDC 48 volt 500 watt dengan sumber energy baterai Lithium Ion Phospate berkapasitas 48 volt 20 Ah.

Arjuna


Arjuna adalah mobil hasil penelitian Electrilc Vehicle Team Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Beragam inovasi telah dilakukan oleh para mahasiswa guna menjadikan Arjuna sebagai mobil listrik terbaik di kelasnya.

Mobil ini menggunakan motor listrik BLDC Hub 10” 2kW dengan baterai Pack LiFePo berkapasitas 48V 20 Ah (2 buah). Rem pun telah menggunakan rem cakram dan suspensi rocker arm juga spring shick braker.

Blue Warrior 15


Sesuai dengan namanya, mobil hasil pengembangan mahasiwa Politeknik Negeri Jakarta jurusan Teknik Mesin ini memang menggunakan warna biru sebagai salah satu aksen warnanya.

Blue Warrior 15 memiliki dimensi panjang 2500 mm, lebar 1322 mm dan tinggi 1100 mm. Body telah menggunakan fiber glass dan memiliki transmisi 4 percepatan. Tenaga yang dihasilkan mobil ini adalah 2 KW dan dilengkapi dengan baterai berkapasitas 48V.

P-Elcar


P-Elcar merupakan mobil listrik keempat dari Politeknik Negegri Bandung dan merupakan karya kedua dari Tim Pengembangan Otomotif Polban (TPOP). Mobil ini didesain khusus untuk mengikuti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI).

Mobil ini mampu melesat hingga kecepatan 136,404 km/jam. Kecepatan yang terbilang tinggi untuk sebuah mobil karya mahasiswa. Untuk mencapai kecepatan tersebut, beberapa teknik digunakan. Diantaranya adalah menjaga bobot tetap ringan (160 kg) dan bahan body menggunakan fiber juga alumunium. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual