Pilihan Bengkel Restorasi Mobil di Jakarta dan Sekitarnya

Panduan Pembeli

Pilihan Bengkel Restorasi Mobil di Jakarta dan Sekitarnya

Bengkel restorasi mobil merupakan salah satu pilihan yang harus Anda datangi ketika ingin mengembalikan kondisi mobil yang sudah berumur menjadi seperti baru.

Melakukan restorasi mobil belakangan ini mulai banyak dilakukan oleh para penggemar otomotif dari beragam usia.

Restorasi umumnya dilakukan oleh para pecinta mobil tua yang ingin bernostalgia kembali dengan kendaraan mereka di masa muda.

Mobil yang direstorasi pun biasanya tidak sembarangan, karena umumnya kendaraan-kendaraan tersebut memiliki sejarah tersendiri.

Tentunya tidak semua bengkel mampu melakukan restorasi mobil khususnya mobil tua.

Melakukan restorasi mobil perlu kerja keras, ketekunan dan membutuhkan waktu cukup lama, karena banyak yang harus diperbaiki.

Maklum saja, melakukan restorasi memang harus membuat mobil tua yang mungkin sudah tidak digunakan menjadi apik lagi. Tak hanya terlihat mulus dari sisi eksterior dan interior, tapi juga perfomanya pun harus mendekati saat mobil baru diluncurkan.

Dengan tingkat kesulitan tersebut tidak heran bila biaya pekerjaan restorasi terbilang tinggi ketimbang dengan perbaikan mobil biasa. Terlebih untuk mobil-mobil langka yang spare part-nya sudah sulit untuk ditemukan, maka dana yang dikeluarkan bisa menjadi lebih mahal.

Kalaupun tidak ada spare part baru, maka mencari yang bekas pun bisa menjadi solusi bijak.

Lantas apa saja yang biasa dilakukan untuk merestorasi mobil agar tampil lebih maksimal? Berikut adalah beberapa pekerjaan yang harus dilakukan saat merestorasi mobil.

Perbaikan Sasis Kendaraan

Bengkel Restorasi

Umumnya mobil tua yang direstorasi tidak dalam kondisi sempurna. Tentunya ada banyak kerusakan, salah satunya di bagian sasis kendaraan. 

Untuk itu sasis harus dibenahi terlebih dahulu, baru kemudian perlahan bergerak ke bagian \ lain seperti rangka body serta rangka utama.

Dengan demikian perbaikan mobil bisa lebih maksimal.

Perbaikan Body Kendaraan

Body kendaraan yang sudah berusia tua dan hendak direstorasi memiliki kondisi kurang apik, maka perbaikan body sudah pasti harus dilakukan.

Umumnya bengkel restorasi mobil akan melakukan perbaikan mulai dari pengerokan cat agar seluruh karat dapat terlihat. Setelah itu masuk ke penghilangan karat.

Setelah karat hilang, selanjutnya menghilangkan penyok bisa dilakukan.

Begitu semuanya telah dikerjakan, proses selanjutnya pengecatan. Biasanya cat yang digunakan adalah warna asal dari mobil tersebut, meski demikian tidak sedikit pemilik mobil memilih warna lain sesuai dengan seleranya.

Perbaikan Mesin dan Kelistrikan

Perbaikan mesin juga tidak boleh dilupakan saat restorasi mobil. Sayangnya untuk mobil tua, kondisi mesin belum tentu bisa langsung diperbaiki. Demikian pula sparepart yang digunakan pun belum tentu tersedia.

Solusinya, membeli sparepart bekas bisa dilakukan dengan mencarinya di beberapa pusat spare part kendaraan. Jika tidak ditemukan juga, maka pilihan akan jatuh ke spare part baru yang sesuai dengan kebutuhan.

Meski sistem kelistrikan pada mobil tua cenderung sederhana, pemeriksaan dan perbaikan tetap perlu dilakukan. Ini karena kabel memiliki batas usia, sehingga bukan tidak mungkin pelindungnya sudah getas, jadi perlu diganti.

Begitu pula dengan karet-karet pada kendaraan juga harus diganti.

Interior

Perbaikan interior umumnya terbilang sulit, karena bagian ini sangat ditentukan oleh kebiasaan pemilik sebelumnya.

Bila mendapatkan mobil yang digunakan oleh orang apik, maka kondisi interior umumnya masih baik. Namun sebaliknya, bila digunakan oleh orang yang jorok, bukan tidak mungkin interior mobil terkesan menjijikkan.

Umumnya jok kendaraan akan diperbaiki total mulai dari busa hingga pelapisnya, karena bagian ini biasanya sudah mengalami kerusakan parah.

Namun, untuk desain dari interior, biasanya akan dipertahankan.

Jenis Mobil yang Umum Direstorasi

Kendaraan yang umum direstorasi di Indonesia adalah mobil-mobil tua yang berjaya di era-nya. Tentunya tidak terbatas pada mobil-mobil Eropa yang memang sempat berjaya di Indonesia tapi juga mobil Jepang.

Bahkan belakangan ini, mobil-mobil yang direstorasi usianya sudah semakin muda. Hal ini terlihat dari banyaknya mobil-mobil era 1970-an yang mulai menjadi incaran para penggemar otomotif untuk direstorasi.

Biaya Restorasi Mobil

Membeli mobil tua untuk direstorasi mungkin tidak membutuhkan biaya besar. Tetapi untuk merestorasinya menjadi optimal lagi, menjadi sebuah hal berbeda. Boleh dikatakan, biaya restorasi sebuah tua tidak memiliki batas yang pasti. Banyak faktor yang menentukan.

Semakin baik kondisi kendaraan yang direstorasi maka perbaikan akan semakin murah. Demikian pula sebaliknya.

Untuk spare part sendiri juga sangat menentukan harga keseluruhan. Umunya harga spare part asli langka dan cukup mahal, tapi bila ingin menggunakan spare part sejenis yang produksi baru-baru ini maka harga bisa lebih ditekan.

Biaya jasa dalam perbaikan juga tidak murah, karena melakukan restorasi mobil bukanlah hal mudah. Tidak semua bengkel dan teknisi bisa melakukannya dengan baik. Salah sedikit, bukannya menjadi apik justru sebaliknya. Hal tersebut tentunya sangat dihindari oleh pemilik kendaraan tua.

Bengkel-bengkel Restorasi Mobil

Meski pekerjaannya sulit, bengkel-bengkel mobil yang memberikan jasa restorasi kendaraan jumlahnya sedikit. Namun perlu diketahui bahwa restorasi mobil bukanlah sebuah kegiatan yang mudah, sehingga memilih bengkel harus melalui riset yang maksimal. Salah memilih bengkel justru akan membuat kendaraan tidak maksimal pengerjaannya.

Tak hanya itu, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa biaya perbaikannya tidak terbatas. Semakin langka kendaraan maka akan semakin besar biaya restorasi yang diperlukan. Terlebih bila Anda menginginkan semua sparepart yang digunakan asli semua.

Berikut ini adalah beberapa pilihan bengkel restorasi mobil di Jakarta dan sekitarnya yang bisa dipilih.

Bengkel Re-Garage

Bengkel Restorasi

Salah satu bengkel spesialisasi restorasi mobil adalah Re-Garage.

Bengkel yang berada di Jl. Kemang Sari 1 No.55 Jatibening Baru - Pondok Gede ini memiliki cukup banyak mobil tua untuk dikerjakan.

Mereka pun tidak segan untuk memperlihatkan mobil-mobil yang sedang dan telah dikerjakan.

Tak hanya mobil klasik dan retro, mereka juga menerima restorasi kendaraan-kendaraan yang usianya terbilang masih agak muda.

Djumadi Body Repair

Bengkel Restorasi

Selanjutnya adalah Djumadi Body Repair yang posisinya berada di Jl. H. Nawi Raya No.30, RT.10/RW.2, Gandaria Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

Bengkel yang berada di depan ITC Fatmawati ini sudah cukup terkenal di kalangan pecinta mobil. Sebab, memiliki spesialisasi pada body repair, mereka pun cukup dipercaya oleh masyarakat yang ingin melakukan restorasi mobil.

Mobil-mobil tua yang mereka kerjakan pun jumlahnya cukup banyak, ini menunjukkan bahwa hasil pekerjaannya sangat bagus.

Arland Garage

Bengkel Restorasi

Bagi yang ingin memperbaiki mobil Land Cruiser maka Arland Garage bisa menjadi pilihan bijak.

Bengkel yang beralamat di Jl. H. Pindah No.76, RT.002/RW.015, Jaka Mulya, Kecamatan Bekasi Selatan memang fokus untuk restorasi mobil Land Cruiser.

Mereka pun tidak membatasi tahun pembuatan mobil.

Restorasi total sebuah kendaraan pun sering mereka lakukan guna memastikan hasil pekerjaan lebih maksimal. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar