Demonstrasi Mahasiswa Berlanjut Hari Ini, Rekayasa Lalin Dilakukan Lagi

Berita Otomotif

Demonstrasi Mahasiswa Berlanjut Hari Ini, Rekayasa Lalin Dilakukan Lagi

JAKARTA - Demonstrasi mahasiswa yang kembali berlanjut di Jakarta pada Selasa (24/9/2019) membuat rekayasa lalu lintas (lalin) dilakukan kembali.

Hari ini adalah hari kedua demonstrasi mahasiswa dari berbagai universitas di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Massa yang datang digadang-gadang lebih banyak ketimbang Senin (23/9/2019).

Polda Metro Jaya, seperti dikutip dari situs NTMC Polri, pun masih memberlakukan rekayasa lalu lintas. Adapun rute rekayasa lalu lintas masih sama seperti sebelumnya.

“Akan dialihkan seperti hari ini (Senin 23/9/2019),” ucap Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir malam kemarin.

Salah satu bentuk rekayasa lalu lintas tersebut adalah penutupan pintu keluar tol yang berada di depan DPR. Selain itu, rekayasa lalu lintas juga dilakukan dengan penutupan flyover Ladogi yang diarahkan ke Gerbang Pemuda.

Kemudian, lalu lintas dari Gerbang Pemuda ke kiri ditutup dan diputar balikkan ke Gerbang Pemuda. Rekayasa lalu lintas berikutnya dilakukan dari arah Jalan Asia Afrika menuju ke Gerbang Pemuda diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

Selanjutnya, arus lalu lintas di belakang gedung DPR dialihkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar.

Adapun para mahasiswa yang berdemonstrasi menamakan diri mereka ‘Aliansi Mahasiswa Indonesia Tuntut Tuntaskan Reformasi’. Salah satu penyebab mereka turun ke jalan adalah ketidaksetujuan terhadap revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KP) serta Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP).

Para mahasiswa beragam perguruan tinggi itu, termasuk salah satunya dari Universitas Indonesia, meminta Presiden Joko Widodo membuat peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) untuk UU KPK yang baru. Mereka menolak pula RUU KUHP yang di antaranya bakal melarang adanya pengemis dan jam malam bagi kaum perempuan.

Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, telah menolak mengeluarkan Perppu UU KPK.

Demonstrasi mahasiswa rencananya digelar di depan gedung DPR pada pukul 11.00 WIB. Tak cuma mahasiswa, massa dari Serikat Petani Indonesia (SPI) rencananya juga melakukan demonstrasi di depan gedung DPR.

Mereka menolak pengesahan sejumlah RUU yang dianggap bermasalah seperti RUU Pertanahan, Sistem Budidaya Pertanian Berkelanjutan hingga RUU Perkoperasian. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar