Demi Bikin Mobil Listrik ‘Pintar’, Xiaomi Rekrut 500 Insinyur di China

Berita Otomotif

Demi Bikin Mobil Listrik ‘Pintar’, Xiaomi Rekrut 500 Insinyur di China

BEIJING – Xiaomi menunjukkan keseriusan mewujudkan ambisi membuat mobil listrik ‘pintar’. Buktinya, mereka kini melakukan rekrutmen besar-besaran di negeri sendiri.

Produsen gawai pintar (smartphone) asal China tersebut, seperti dilaporkan CX Tech, sedang mencari 500 insinyur. Pengumuman rekrutmen disampaikan langsung oleh Chief Executive Officer Xiaomi Lei Jun pada pertengahan pekan ini melalui media sosial.

Ratusan pekerja baru ini bakal membantu mereka membuat mobil listrik berteknologi otonom Level 4.

Sebagai informasi, tingkat tertinggi mobil tanpa sopir yang 100 persen tak memerlukan campur tangan manusia saat beroperasi adalah Level 5.

CEO Xiaomi Lei Jun

Ke-500 karyawan itu kelak berkantor di markas pusat Xiaomi di distrik Haidian, Beijing. Orang-orang yang mereka cari antara lain adalah yang punya kemampuan di bidang algoritma proses pencitraan gelombang millimeter, pemetaan presisi tinggi, pembelajaran imitasi (imitation learning), pembelajaran struktural mendalam (deep learning).

Perusahaan-perusahaan teknologi besar dunia memang menunjukkan minat untuk terjun ke industri otomotif, khususnya mobil listrik sekaligus mobil otonom. Misalnya saja Apple.

Korporasi asal Amerika Serikat ini beberapa waktu lalu dilaporkan menjalin diskusi dengan berbagai pabrikan otomotif mengenai kerja sama perakitan. Beberapa pihak yang dikabarkan mereka ajak bicara adalah Hyundai serta Nissan.

Huawei, kompetitor Apple asal ‘Negeri Tirai Bambu’, juga membuat kejutan di Shanghai Auto Show 2021 dengan merilis SUV Seres SF5. Mobil ini digarap bersama rekan senegara mereka Cyrus.

Pemain industri teknologi asal China Oppo juga dikabarkan berencana masuk ke industri otomotif. Mereka konon telah berdiskusi dengan produsen baterai mobil listrik terbesar sejagat, CATL serta telah membentuk tim ahli untuk proyek ini.

Xiaomi sendiri sebenarnya sudah meluncurkan mobil bermesin konvensional Redmi Car yang merupakan versi rebadge (ganti logo) dari Bestune T77.

Xiaomi Redmi Car

Pada Maret 2021, Xiaomi mengumumkan rencana membuat divisi mobil listrik pintar dengan investasi 10 miliar yuan. Pada Juni kemarin, mereka kemudian beriklan lowongan kerja untuk 20 posisi terkait mobil otonom, data platform, infrastruktur dalam kendaraan (in-vehicle infrastructure), pemetaan presisi tinggi. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar