Datsun Klasik Ini Direstorasi, Dimodifikasi dan Dijual Rp 1,1 Miliar

Berita Otomotif

Datsun Klasik Ini Direstorasi, Dimodifikasi dan Dijual Rp 1,1 Miliar

SOFIA – Datsun klasik produksi 1970-an saat ini sedang dijual dengan harga luar biasa yaitu lebih dari Rp 1 miliar.

Datsun tersebut, seperti diwartakan Carscoops pada akhir pekan ini, adalah 280Z yang dibuat pada 1976. Mobil ini pertama kali ditemukan oleh Vilner Garage, sebuah rumah modifikasi asal Bulgaria, di Jerman.

‘Si tua’ 280Z diparkir oleh pemilik terdahulu di ruang tamu rumah sebagai pajangan. Tidak disebutkan, siapa orang tersebut.

Orang-orang dari Vilner Garage pun membeli dan mengeluarkannya dari rumah itu. Agar bisa kembali menghirup udara segar, beberapa jendela rumah juga harus dijebol.

280Z lalu dibawa ke markas mereka di Sofia, Bulgaria. Para teknisi lalu membongkar kendaraan klasik Jepang ini dan membenahi apa yang masih bisa dibenahi atau mengganti komponen yang sudah rusak parah secara keseluruhan.

Sentuhan Modifikasi
Dasar rumah modifikasi, Vilner Garage tak kuasa menahan rasa ‘gatal’ untuk membuatnya terlihat lebih ciamik lewat modifikasi. Mereka mencopot bemper untuk tampilan lebih bersih dan bodi dicat dengan warna special ‘Vilner Cobalt Matt Metallic’ plus aksen ‘Copper Rose’, termasuk pada pelek.

Lampu-lampu pada bagian depan maupun buritan diganti dengan yang berteknologi LED. Bahkan, lampu sein pun LED.

Kurang ceper rasanya kurang garang. Vilner kemudian merendahkan 280Z hingga 20 mm.

Per pada keempat roda disubtitusi dengan produk aftermarket Eibach. Ada pula knalpot stainless steel baru.

Aspek interior juga dibuat makin ganteng. Ada material kulit Vintage Brown di jok kursi, dasbor, setir, panel-panel pintu.

Kulit tersebut diparipurnakan dengan aksen warna biru muda. Interiornya secara keseluruhan dirombak menjadi bernuansa retro denga nuansa warna coklat - biru.

Mobil sports coupe yang amat digandrungi pada zamannya itu sendiri berbobot 1.304 kg. Mesin asli 2.8-liter enam silinder segaris berdaya maksimal 168 hp serta torsi puncak 221 Nm dipertahankan. Transmisinya menggunakan girboks otomatis tiga percepatan.

Vilner Garage pun menjualnya seharga 75 ribu euro atau setara dengan sekitar Rp 1,19 miliar. Menurut Anda, pantaskah harga itu dengan hasil restorasi dan sejarah Datsun 280Z? [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar