Datsun: Kami Mungkin Saja Buka R&D Center di Indonesia

Berita Otomotif

Datsun: Kami Mungkin Saja Buka R&D Center di Indonesia

YOGYAKARTA – Datsun mengakui mungkin saja membuka Research and Development (R&D) Center di Indonesia karena potensi besar pasar otomotif negeri ini.

Head of Datsun Indonesia Masamoto Nakamura mengatakan bahwa saat ini pihaknya belum punya rencana pasti membangun R&D Center di Indonesia. Akan tetapi, ia mengakui peluang itu ada.

“Potensi untuk itu ada, tentu saja. Ada peluang,” ujar dia di sela-sela Media Test Drive Cross, 2 – 3 Mei di Yogyakarta.

Menurut dia, untuk membangun R&D Center, ada banyak faktor yang mesti dilihat. Di antara faktor-faktor yang ia sebutkan ialah penjualan mobil di negara tersebut serta tren pasar.

“Contohnya, Nissan punya R&D Center di India. Permintaan mobil di  sana sudah mencapai 3 juta unit setahun. Ini menjadikan mereka satu kesempatan di luar Amerika Serikat, Eropa, Jepang, dan Cina. Di Indonesia pasarnya 1,1 juta unit tapi saya paham populasi penduduknya besar,“ papar dia.

Meski tak menutup kemungkinan mendirikan R&D Center di Tanah Air, ia belum bisa memperkirakan kapan hal itu sepertinya bakal terealisasi. Pasalnya, ada pertimbangan lain di luar potensi serta tren pasar suatu negara.

“Ini lebih bergantung pada sumber daya global kami, perencanaan global, sampai dengan besar pasar,” ujarnya.

Pabrikan otomotif yang sudah membuka R&D Center di Indonesia hingga saat ini baru satu yaitu Daihatsu yang terletak di Karawang, Jawa Barat bernilai investasi Rp 1 triliun. Fasilitas ini yang diresmikan pada April 2017 ini menjalankan fungsi Market Survey and Product Planning, Product Design, Product Engineering Design, Prototype Making, hingga Prototype Testing.

Pemerintah sendiri saat ini sedang mendorong merek-merek otomotif luar negeri membangun R&D Center di Indonesia dengan iming-iming insentif pajak. Kementerian Perindustrian berkali-kali mengatakan bahwa R&D Center bakal memicu terjadinya alih teknologi, pendalaman industri, hingga pengembangan kualitas sumber daya manusia lokal. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual