Datsun GO Dapat Nilai Jelek, GNCAP Bakal Surati PM Jepang

Berita Otomotif

Datsun GO Dapat Nilai Jelek, GNCAP Bakal Surati PM Jepang

NEW DELHI - Hasil buruk yang didapat Datsun GO saat tes tabrak nampaknya akan berujung panjang. Global New Car Assessment Programme (GNCAP) yang mengetes model ini berencana akan mengirim surat pada Perdana Menteri Jepang untuk meminta pemerintah Jepang menekan Nissan agar menarik semua Datsun GO yang ada di pasaran.

Seperti pernah diberitakan, Datsun GO belum mampu menampilkan perlindungan prima pada penumpang dewasa yang membuatnya tidak mendapat skor sama sekali saat di tes oleh GNCAP di India. Tapi untuk perlindungan pada anak-anak, Datsun GO mampu mendapat skor 2 bintang. Datsun GO di Indonesia di jual lewat skema Low Cost and Green Car (LCGC).

Karena itu, chief GNCAP, Max Mosley, berencana akan mengirim surat ke Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe pada Januari 2015 mendatang agar pemerintah Jepang menekan Nissan selaku induk Datsun untuk menarik semua Datsun GO yang ada di pasaran.

Sebelulmnya, GNCAP mengaku sudah mengirim surat ke bos Nissan Carlos Ghosn terkait hal ini.

"Kami akan menunggu sedikit lebih lama dan jika kami masih tidak mendapatkan respon, maka kami akan menulis kepada Perdana Menteri Jepang karena (Datsun) adalah sebuah perusahaan Jepang," kata Mosley seperti dikutip Autocar Professional.

"Dan, itu salah jika perusahaan harus menjual mobil ke India dengan keamanan yang lebih kecil daripada mobil yang dijualnya ke pasar lain," tambahnya.

Sementara itu, Nissan sebelumnya sudah memberi pernyataan kalau sebenarnya tidak ada yang salah dengan Datsun GO dan model tersebut sudah memenuhi peraturan yang ada di India. 

"Kami ingin meyakinkan Anda bahwa Datsun GO memenuhi peraturan kendaraan lokal yang di India serta di Indonesia dan Afrika Selatan. Datsun GO dikembangkan dengan niat yang kuat untuk memberikan solusi terbaik yang disesuaikan dengan kondisi lokal," kata juru bicara Nissan.

Karena itu, kritikan dari GNCAP tidak akan membuat perubahan berbagai rencana terkait Datsun GO.

Kepala Operasi Nissan di India, Guillaume Sicard mengatakan kalau Nissan masih percaya pada produknya itu. Terlebih, untuk ukuran harga yang ditawarkan pada Datsun GO, 
fitur-fitur yang diberikan sudah maksimal.

Tapi tekanan yang dilakukan oleh GNCAP malah mengundang pertanyaan. Sebab, beberapa mobil yang juga mereka tes di India seperti Volkswagen Polo, Maruti Alto 800, Hyundai i10, Tata Nano, Ford Figo dan Maruti Swift juga tidak mendapat nilai maksimal tapi tidak ditekan sebesar GNCAP menekan Datsun.

Dan sebagai catatan, model Nissan lain yakni Teana mendapat nilai sempurna untuk perlindungan terhadap penumpang dewasa. Ketika di tes ASEAN NCAP, Teana mendapat rating 5 bintang dan membuatnya menjadi mobil pertama di ASEAN NCAP yang mendapat rating 5 bintang. [Syu/Idr]

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual