Datsun Cross Punya Transmisi CVT Secanggih Nissan Micra

Berita Otomotif

Datsun Cross Punya Transmisi CVT Secanggih Nissan Micra

JAKARTA – Datsun Cross diklaim telah memiliki transmisi otomatis Continuously Variable Timing (CVT) versi terbaru yang juga ada di generasi termutakhir (generasi kelima) Nissan Micra, atau dikenal sebagai Nissan March di Indonesia.

Cross merupakan model pertama Datsun di Indonesia yang memiliki transmisi otomatis. Crossover yang menjalani debut global pada 18 Januari 2018 di Indonesia tersebut juga menjadi model Datsun perdana di dunia dengan transmisi X-Tronic CVT milik Nissan.

“Kami memakai X-Tronic CVT dengan struktur terbaru untuk Cross,” kata Anton Khristanto, R&D Manager PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) di sela-sela sesi Media Test Drive Cross pada 2 – 3 Mei 2018 di Yogyakarta.

Menurut Anton, girboks X-Tronic CVT pada model ketiga Datsun di pasar otomotif Tanah Air itu juga dipakai di salah satu model terkini dari Nissan. Model tersebut ialah Micra generasi kelima.

“Jadi transmisi X-Tronic CVT di Cross kalau dibandingkan dengan versi sebelumnya agak berbeda. Sejauh ini model Nissan global yang menggunakannya baru Micra,” aku Anton.

Sebagai informasi, Micra generasi kelima menjalani debut globalnya pada Paris Auto Show 2016 dengan desain yang terinspirasi dari mobil purwarupa Sway Concept. Tetapi, hingga kini model tersebut belum dijual di Indonesia.

X-Tronic CVT pada Cross diklaim punya tiga keunggulan utama. Keunggulan-keunggulan itu ialah rentang rasio yang luas sehingga akselerasi semakin halus, dimensi girboks ringkas dan ringan, serta makin mendukung efisiensi konsumsi bahan bakar.

“Sistem kontrol dari X-Tronic CVT pada Cross juga lebih responsif terhadap pedal gas,” tandas Anton.

Rentang rasio luas didapat berkat penggunaan sub planetary gear. Rasio X-Tronic CVT Cross bahkan diklaim lebih baik ketimbang transmisi otomatis delapan percepatan pada mobil-mobil mewah.

Sementara, dimensi girboks yang ringkas serta ringan digapai berkat penggunaan pulley berukuran lebih kecil dan pemakaian ultraflat torque converter. Adapun penghematan konsumsi bahan bakar dipicu beberapa faktor semisal gesekan yang dibuat lebih kecil pada oil stirring, lock-up damper fleksibel hingga proses pemompaan oli lebih efisien. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar