Datsun CROSS Diklaim Menciptakan Segmen Baru di Indonesia

Berita Otomotif

Datsun CROSS Diklaim Menciptakan Segmen Baru di Indonesia

JAKARTA – Datsun CROSS diklaim oleh sang pabrikan telah menciptakan segmen baru untuk sebuah crossover di Indonesia.

CROSS, flagship model Datsun di Indonesia, menjalani debut global pada 18 Januari kemarin di Jakarta. Model ketiga Datsun di pasar otomotif Tanah Air ini disebut sebagai sebuah crossover berbanderol on-the-road Jakarta Rp 161,49 juta untuk tipe transmisi manual serta Rp 173,99 juta bagi tipe transmisi otomatis XTronic CVT.

Datsun mengklaim CROSS menciptakan kelas crossover tersendiri. “CROSS menciptakan segmen kendaraan baru di Indonesia dengan rentang harga dan fitur-fitur yang dimilikinya,” papar Presiden Direktur PT. Nissan Motor Indonesia Eiichi Koito dalam seremoni peluncuran global.

Jika melihat pemain-pemain di segmen crossover, CROSS memang menjadi model paling terjangkau saat ini. Namun, fitur-fiturnya tidak bisa dianggap enteng.

Daftar fitur-fitur standar CROSS berderet panjang meski harganya ‘cuma’ Rp 160 – 170 jutaan. Untuk fitur keselamatannya saja, model ini sudah dilengkapi dengan Vehicle Dynamic Control (VDC) atau yang lebih umum disebut kontrol stabilitas, dimana di dalamnya juga termasuk Traction Control; kemudian juga Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), dan Brake Limited Slip Differential. Lazimnya, fitur-fitur keselamatan berkendara di atas dapat kita temui di mobil dengan harga di atas Rp 300 jutaan.

Perhatian soal keselamatan dan keamanan pada CROSS tak berhenti sampai di situ. Ada juga fitur sensor parkir, immobilizer, hingga keyless entry with alarm dan shock sensor.

Soal hiburan plus kenyamanan, Cross memiliki Head Unit 6,75 inch yang bisa dihubungkan ke smartphone lewat Bluetooth atau kabel AUX untuk memainkan audio, video, maupun telepon. Di samping itu, masih terdapat kaca spion elektrik, lampu depan otomatis plus fitur Follow Me Home, Intelligent Wiping System, Electronic Power Steering, hingga Power Outlet di dalam kabin.

Meski Datsun mengklaim CROSS ada di segmen tersendiri, harus diakui bahwa ia tetap bersinggungan dengan model-model lain, khususnya city car karena kedekatan dimensi serta kapasitas mesinnya yang sebesar 1,200 cc. Harganya juga bersilangan dengan pemain-pemain di segmen city car.

CROSS memiliki dimensi yang cukup compact dengan panjang 3,995 mm, lebar 1,670 mm, serta tinggi 1,560 mm. Adapun jarak sumbu roda CROSS ialah 2,450 mm. Di sisi lain, ground clearance-nya setinggi 200 mm, yang merupakan ground clearance tertinggi di segmennya. ###



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual