Datsun Akan Bermain di 2 Genre

Berita Otomotif

Datsun Akan Bermain di 2 Genre

YOGYAKARTA – Datsun kini sedang berusaha mengubah citra mobil murah lewat Cross, model ketiga mereka di Indonesia. Meski begitu, segmen mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) tetap belum mau mereka lepaskan.

Cross menjalani debut globalnya di Indonesia pada 18 Januari kemarin dan tak diikutsertakan dalam segmen LCGC yang mendapatkan insentif pajak. Head of Datsun Indonesia Masamoto Nakamura mengatakan bahwa melalui Cross, mereka ingin mengubah citra merek. Pasalnya, citra Datsun sudah sangat lekat dengan merek mobil murah karena dua model pertama mereka yaitu hatchback Go Panca serta multi purpose vehicle (MPV) Go+ Panca ikut ada di segmen LCGC.

“Di saat yang sama, LCGC masih merupakan segmen yang besar. Kami tidak bisa menyangkal hal itu dan konsumen-konsumen yang sekarang kami miliki. Mereka sangat penting. Katakanlah LCGC merupakan sebuah zona dan kami hanya ingin mengekspansi zona tersebut dengan Cross. Kami tidak menyerah di zona di mana kami berada sebelumnya,” paparnya.

Sebagai informasi, Datsun masuk ke Indonesia dengan meluncurkan Go Panca maupun Go+ Panca. Keduanya memanfaatkan insentif pajak LCGC yang merupakan program mobil bermesin konvensional namun minim polusi yang digalakkan pemerintah pada 2013. Pemerintah memberikan insentif pajak dengan beberapa persyaratan seperti kewajiban dirakit lokal, jumlah komponen lokal 85 persen setelah lima tahun diproduksi, plus konsumsi bahan bakar minimal 20 km/liter.

“Citra LCGC sayangnya sangat lekat dengan mobil murah. Karena itu kami ingin menggeser citra melalui strategi komunikasi kami. Tapi segmen LCGC tak bisa dipungkiri sangat penting,” lanjut dia.

Datsun sempat merasakan nikmat sebagai satu-satunya pabrikan yang memiliki LCGC tujuh penumpang yakni Go+ Panca. Namun, penjualan mereka berangsur menurun setelah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra meluncur pada 2016. Ancaman juga datang dari pabrikan Cina Wuling yang hadir pada 2017.

Info terakhir, pada  malam ini (7/5/2018), Datsun bakal mengadakan peluncuran varian baru yang isunya adalah versi transmisi otomatis dari Go Panca atau pun Go+ Panca. Kendati begitu, Nakamura masih diam seribu bahasa ketika Mobil123.com mencoba mendapatkan konfirmasi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar