Deretan Mobkas Datsun Tahun Muda Berharga Maksimal Rp 100 Juta

Berita Otomotif

Deretan Mobkas Datsun Tahun Muda Berharga Maksimal Rp 100 Juta

JAKARTA – Datsun bisa menjadi alternatif bagi para pencari mobil bekas tahun muda (belum terlalu lama keluar dari pabrik) dengan harga maksimal Rp 100 juta.

Semakin tua usia sebuah mobil, semakin besar potensi masalah teknis atau kerusakan padanya. Karena itu, banyak peminat mobil bekas yang berusaha mencari mobil seken tahun muda daripada yang sudah ‘berusia sepuh’.

Akan tetapi, harga bisa menjadi salah satu penghalang memilih mobil bekas tahun muda. Ini karena banderolnya biasanya belum sejatuh unit-unit seken yang telah diproduksi cukup lama.

Biasanya, kendaraan bekas tahun muda berharga relatif terjangkau adalah yang memang berada di segmen mobil murah seperti low cost green car (LCGC). Bisa juga, mobil itu berasal dari merek yang sudah minggat dari Indonesia sehingga harga jual kembalinya jatuh.

Di antaranya pilihan-pilihan yang ada, terdapat Datsun. Merek ini sudah tidak lagi diproduksi dan dijual di Indonesia mulai Maret 2020.

Unit seken Datsun dengan label harga rendah bertebaran di pasar. Berdasarkan penelusuran di situs jual-beli Mobil123.com saja, terdapat 581 unit Datsun berbanderol di bawah atau sama dengan Rp 100 juta.

Datsun Go+ Panca Terbanyak
Sebanyak 431 di antaranya adalah multi purpose vehicle (MPV) Datsun Go+ Panca. Selanjutnya adalah hatchback Datsun Go Panca yang berjumlah 135 unit, diikuti oleh crossover MPV Datsun Cross dengan jumlah 14 unit.

Harga termurah Datsun bekas ialah Rp 65 juta. Adapun modelnya serta tipenya adalah Go Panca 1.2 T MT maupun Go+ Panca 1.2 T MT. Tersedia unit-unit tahun produksi 2014 sampai 2016 dengan harga tersebut.

Sementara itu, harga pas Rp 100 juta ditawarkan untuk Cross 1.2 AT dengan tahun produksi 2018. Ada pula Go+ Panca 1.2 T-Option MT tahun produksi 2016 dengan harga itu.

Persebaran
Persebaran Datsun bekas berharga maksimal Rp 100 juta di Mobil123.com paling banyak terdapat di Provinsi Jawa Timur (425 unit). Selanjutnya adalah Jawa Barat (67), DKI Jakarta (34), Sulawesi Selatan (20), Banten (10), Jawa Tengah (4), Yogyakarta (4), Sumatera Utara (4), Kalimantan Barat (4), Lampung (3), Bali (2), Kalimantan Tengah (1), Nangroe Aceh Darussalam (1), Sulawesi Tengah.

Khusus bicara area Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek), tersedia 77 unit Datsun bekas yang dapat dipilih. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar