Datsun 7 Days Challenge: Snorkeling di Air Tawar

Berita Otomotif

Datsun 7 Days Challenge: Snorkeling di Air Tawar

KLATEN – Diving atau snorkling di lautan memang menyenangkan. Namun bagi orang yang jauh dari pantai, hal tersebut sangat sulit dilakukan.

Tapi ini tidak berlaku lagi bagi orang Klaten. Pasalnya, di kota tersebut kini ada objek wisata snorkeling dan diving di sebuah kolam buatan dari mata air alami . Maka tidak heran meski hanya kolam, kesegaran air tetap terjaga.

Kolam tersebut bernama Umbul Ponggok yang terletak di jalan Ponggok Raya,Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo,Klaten. Kami pun tertarik untuk membawa Datsun Go Panca dan Datsun Go+ Panca menuju lokasi tersebut dalam perjalanan ‘Datsun 7 Days Challenge’. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Solo namun melewati jalan lintas kabupaten yang cukup padat.

Beruntung, kami menggunakan Datsun Go Panca dan Datsun Go+ Panca yang memiliki dimesi kompak dan mesin yang cukup responsif. Hal ini memudahkan kami untuk bermanufer di antara kepungan kendaraan lain dengan baik. Unggul Ponggok Klaten dapat kami tempuh dalam waktu kurang dari 1 jam.

“Kolam tersebut adalah milik desa setempat yang pengelolaannya juga dikelola oleh masyarakat sekitar. Kebersihan air juga terjaga karena air lama akan langsung dibuang melalui saluran pembuangan dan air baru dari mata air langsung masuk ke kolam,” ungkap salah satu warga yang kami temui.

Selain airnya selalu baru, kolam juga dibuat menarik dengan hadirnya ikan-ikan air tawar serta beberapa hiasan yang membuat kolam menjadi menarik. Harga tiket masuknya pun cukup murah yaitu Rp 10.000.

unggul ponggok

Namun, bagi yang tidak bisa berenang pun tidak perlu khawatir karena di sini mereka bisa menyewa pelampung dan perlengkapan snorkeling lainnya. Atau cukup dengan Rp 15.000, Anda bisa menyewa perlengkapan snorkeling lengkap dengan pelampung.

Terbilang cukup murah bukan? Maka tidak heran jika Umbul Ponggok Klaten selalu ramai oleh pengunjung. Kepadatan tersebut kami lihat sendiri saat kami tiba sekitar pukul 14.00 WIB, kolam cukup ramai oleh pengunjung meski bukan di hari libur. Semakin sore, pengunjung pun semakin banyak.

Banyaknya wisatawan yang hadir pun ternyata berdampak positif bagi masyarakat sekitarnya. Tidak hanya pedagang makanan yang ramai dipadati pengunjung namun juga penyewaan kamera bawah air. Ya, kamera bawah air memang wajib dibawa agar Anda dapat mengabadikan momen-momen saat menyelam.

“Desa ini memang kecil, namun PAD kami sangat tinggi karena kami bisa memanfaatkan mata air alami di daerah kami,” tutupnya.

Ya, pembangunan memang tidak harus mengorbankan alam. Klaten menjadi bukti nyata bahwa pembangunan dapat dilakukan tanpa harus merusak alam. Bahkan, jika pembangunan dilakukan sembari menjaga kelestarian alam, keuntungannya justru dapat lebih dirasakan. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual