Darurat Corona, Suplier Suku Cadang Jepang Pindahkan Produksi dari China ke Meksiko

Berita Otomotif

Darurat Corona, Suplier Suku Cadang Jepang Pindahkan Produksi dari China ke Meksiko

TOKYO - Suplier suku cadang atau sparepart otomotif Jepang memindahkan produksinya dari China ke Meksiko dan tempat lain yang dianggap masih aman dari wabah virus Corona.

Upaya pemindahan ini tentunya agar jalur produksi di pabrik otomotif Jepang bisa tetap berjalan. Salah satunya telah dilakukan oleh pemasok suplier Jepang yang telah mengalihkan produksi suku cadang untuk pabrikan mobil Mazda dari Jiangsu, China ke negara bagian Guanajuato, Meksiko.

Suplier ini sendiri memproduksi komponen eksterior untuk model Mazda3 dan CX30 serta memang sudah memiliki fasilitas pembuatan komponen di Meksiko. Dalam kondisi ini mereka meningkatkan output produksi di Meksiko sebesar 50 persen.

Sparepart buatan Meksiko ini kemudian diterbangkan ke pabrik Mazda di Jepang. Ini tentunya memakan biaya tambahan yang tak sedikit, konon katanya Mazda harus merogoh kocek lebih dalam untuk produksi sebesar $ 5 juta atau sekitar lebih dari Rp 75 miliar.

"Meski situasi seperti saat ini, Mazda tidak ingin menghentikan produksi dan telah meminta kami untuk menjaga pasokan tetap lancar. Mazda rela menanggung biayanya,” jelas sumber dari pihak suplier yang tidak menyebut nama perusahannya tersebut.

Tidak seperti beberapa pabrikan otomotif dunia yang memilih untuk stop produksi karena penyebaran virus Corona, perwakilan Mazda mengatakan langkah strategis ini harus diambil untuk meminimalkan dampak dari produksi. Sehingga diharapkan ke depan masa pemulihan akan berjalan lebih efektif.

"Kami menilai berbagai tindakan pencegahan untuk pemulihan cepat sambil meminimalkan dampak pada produksi pada saat yang sama," ungkap pihak Mazda.

Sementara itu, Koito Manufacturing pabrikan pembuat lampu pemasok Toyota, Nissan dan beberapa pabrikan lainnya menghentikan produksinya di Provensi Hubei, China. Mereka saat ini berencana memindahkan produksi di tempat lain untuk memenuhi pesanan, sayang tidak disebutkan secara pasti lokasinya. 

"Ada lampu buatan kami untuk model kendaraan yang dibuat di Amerika Utara, Jepang dan Cina, cukup mirip di antara wilayah-wilayah tersebut," kata seorang juru bicara perusahaan.

Lainnya adalah Kasai Kogyo, pemasok trim pintu interior dan bagian atap untuk pabrikan Honda. Mereka juga tengah mencari tempat untuk mengalihkan produksi dari pabriknya di Wuhan, Cina ke salah satu fasilitas mereka beberapa tempat di Amerika Utara, Eropa dan Asia.

Namun demikian langkah yang akan ditempuh ini tentunya tidak sedikit memakan biaya. Dan tentunya membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk dapat mengimplementasikannya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar