Xpander dan Pajero Sport Paling Laris di Indonesia Ketimbang Negara Lain

Berita Otomotif

Xpander dan Pajero Sport Paling Laris di Indonesia Ketimbang Negara Lain

JAKARTA – Xpander dan Pajero Sport merupakan model global Mitsubishi. Namun, dari seluruh negara yang memasarkan keduanya, penjualan terbanyak datang dari Indonesia.

Laporan penjualan Mitsubishi Motors Corporation di kuartal pertama tahun fiskal 2021 (April-Juni) mencerminkan pentingnya pasar Indonesia bagi mereka. Pasar otomotif Indonesia, menurut keterangan resminya beberapa waktu lalu, menjadi pasar nomor satu Mitsubishi Motors di seluruh dunia.

Pada periode tersebut, mereka menjual 26.397 unit di Tanah Air dan berkontribusi 11,5 persen dari total transaksi jual-beli kendaraan penumpang serta niaga ringan Mitsubishi secara global.

Model-model jagoan Mitsubishi di negara ini adalah Xpander menyumbang sekira 49 persen dari total penjualan, L300 (23 persen) dan Pajero Sport (20 persen). Sementara, Triton, Eclipse Cross, dan Triton berkontribusi sebesar 8 persen.

Ternyata, bukan hanya itu saja prestasi Indonesia bagi Mitsubishi. Xpander dan Pajero Sport juga paling banyak terjual di Indonesia dibandingkan negara-negara lain.

Mitsubishi Xpander

Disebutkan bahwa 54 persen penjualan Xpander secara global pada periode tersebut disumbangkan oleh Indonesia. Sementara itu, kontribusi untuk Pajero Sport mencapai 38 persen.

Secara volume, Xpander terjual nyaris 13 ribu unit di Indonesia selama April-Juni. Pajero Sport, laku 5.200-an unit dalam jangka waktu yang sama.

“Capaian positif ini menjadi pemacu MMKSI (PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia) untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada konsumen secara berkelanjutan pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, sekaligus menjadi bukti komitmen MMC kepada Indonesia sebagai negara yang benar-benar penting dengan memastikan pasokan unit terserap oleh pasar bahkan dalam situasi disruptif seperti saat ini,” ujar President Direktur MMKSI Naoya Nakamura.

Mitsubishi Pajero Sport facelift 2021

Seperti diketahui, Xpander dan Pajero Sport sendiri diproduksi di beberapa negara. Indonesia adalah salah satunya.

Pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi telah memproduksi kedua model ini sejak 2017, baik untuk pasar domestik dan juga untuk kebutuhan ekspor. Produksi Pajero Sport di Cikarang sempat disetop sementara dan ‘menumpang’ kembali di Thailand, tapi kini aktivitas perakitan lokalnya sudah aktif lagi.

Karena tingkat kandungan komponen lokalnya (TKDN) yang mencapai minimal 60 persen, Xpander mendapatkan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil-mobil 1.500 cc ke bawah dari pemerintah, sehingga harga jualnya turun. Stimulus ini berlangsung mulai Maret sampai Desember mendatang.

Sayangnya, Pajero Sport tidak termasuk ke dalam daftar penerima insentif PPnBM untuk mobil-mobil rakitan lokal bermesin 1.501-2.500 cc pada April-Desember. Pasalnya, TKDN SUV ini belum mencapai 60 persen. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar