Peluncuran Toyota Yaris SUV Ditunda Karena Terdampak Virus Corona

Mobil Baru

Peluncuran Toyota Yaris SUV Ditunda Karena Terdampak Virus Corona

JENEWA – Toyota memutuskan untuk menunda lebih lama peluncuran SUV terbaru mereka yang menggunakan platform dari Yaris.

Awalnya, mobil tersebut akan diluncurkan pada ajang Geneva Motor Show 2020. Namun event tersebut batal karena wabah virus Corona dan otomatis peluncuran kendaraan tersebut pun tertunda. Keputusan tersebut sangat berbeda dengan beberapa brand lain yang memilih untuk meluncurkan mobil mereka secara online.

Ditundanya peluncuran Yaris SUV tersebut memang disayangkan namun bukan berarti tanpa alasan. Mobil tersebut memang belum akan dijual dalam waktu dekat. Kemungkinan, Toyota baru menjualnya pada Maret 2021.

Mobil tersebut dikabarkan akan menggunakan beberapa pilihan mesin sehingga pelanggan bisa menyesuaikan kebutuhannya. Namun keunggulan utamanya adalah Toyota akan menggunakan sistem penggerak empat roda, sesuatu penawaran yang jarang ada di segmen ini.

Nantinya, Toyota Yaris hatchback dan Yaris SUV akan dibuat di pabrik Toyota yang terletak di Valenciennes, Prancis. Keduanya diharapkan bisa  menyumbang sedikitnya 30% penjualan Toyota di Eropa.

Meski Toyota menunda peluncuran Yaris SUV, sebelumnya Toyota sudah meluncurkan beberapa kendaraannya di bulan Januari. Pada awal tahun Toyota sudah meluncurkan Mirai generasi kedua, RAV4 Plug-in hybrid dan all-electric Lexus UX 300e.

Virus Corona memang sangat mempengaruhi kondisi otomotif dunia. Geneva Motor Show 2020 yang merupakan salah satu pameran otomotif terbesar di dunia pun akhirnya memutuskan untuk membatalkan acaranya. Padahal sebelumnya, pameran ini hanya bisa dibatalkan oleh Perang Dunia I dan II.

Pembatalan ini pun membuat sejumlah brand berinisiatif untuk meluncurkan kendaraan mereka secara online. Langkah tersebut pun diharapkan cukup efektif guna memberikan informasi teknologi kendaraan yang akan disematkan pada kendaraan masa depan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar