Daimler Uji Truk Semi Otonom

Berita Otomotif

Daimler Uji Truk Semi Otonom

OREGON – Daimler mulai melakukan pengujian truk semi-otonom di jalan raya antara Oregon dan Nevada.

Truk tersebut telah dilengkapi dengan teknologi Platooning. Fitur ini membuat sebuah truk bisa mengikuti kendaraan lain di depannya dengan mengandalkan teknologi self-driving dan teknologi kendaraan terkoneksi. Platooning ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan supir manusia tapi digunakan untuk membantu pengemudi untuk mengurangi rasa lelah.

Masing-masing truk tersebut diuji dengan menggunakan WiFi untuk melakukan komunikasi antar kendaraan dan mengaktifkan fitur seperti Adaptive Cruise Control, Lane Departure Assist dan Active Brake Assist 4.

Ketika satu truk mengikuti truk di depannya, komunikasi antar kendaraan akan dilakukan agar sistem bisa secara otomatis bereaksi untuk perubahan kondisi jalan sekitar 0,2 – 0,3 detik lebih cepat dibandingkan manusia.

Daimler mulai melakukan pengujuan teknologi platooning di proving ground di Madras Oregon. Hasil pengujian ini mendapat persetujuan dari Oregon Department of Transportation untuk diuji sistemnya di jalan raya.

Sayang meski teknologi ini sudah membuktikan ketangguhannya, namun Amerika Serikat dan Eropa masih melarang penggunaan fitur tersebut  Daimler akhirnya harus mengalah dan menyatakan bahwa mereka akan meluncurkan fitur Platooning sesegera mungkin, tentunya setelah peraturan tersebut direvisi. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual