New Toyota Avanza Dikembangkan oleh R&D Daihatsu

Berita Otomotif

New Toyota Avanza Dikembangkan oleh R&D Daihatsu

JAKARTA – Pengembangan Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza dilakukan sepenuhnya di R&D Daihatsu di Karawang namun harus disetujui oleh Toyota.

Hal ini disampaikan oleh Pradipto Sugondo, Research & Development Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Ia mengatakan setiap kali ada pengembangan khususnya dari desain, tim R&D Daihatsu harus melakukan konsultasi dengan Toyota. Hal ini karena model tersebut menggunakan platform serupa dan diproduksi di pabrik yang sama.

“Secara fisik memang dilakukan (pengembangan) di R&D kami di Karawang, baik itu model untuk Daihatsu maupun Toyota. Jadi (kami) tetap bekerja sama karena produksinya akan dijual sebagai merek Toyota dan Daihatsu. Kami merancang dan melakukan konfirmasi berkali-kali dengan tim atau dari Toyota agar desain yang kami sediakan juga diterima oleh pasar Toyota,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM. Ia mengatakan bahwa pengembangan bersama harus dilakukan agar seluruh pasar Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza dapat berkembang bersama.

“Intinya, desain itu biasanya dilakukan di Daihatsu tapi dikonfirmasikan apakah cocok? Ada masukan atau tidak? Perlu apa lagi? Kami juga tidak bisa hanya membuat (mobil) kemudian tidak mendengarkan masukan dari konsumen,” tutur Amel.

Sebelumnya disampaikan bahwa desain Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza terinspirasi dari beberapa mobil global. Selain itu para desainer juga mengembangkan mobil dengan menggunakan survey di pasar dalam negeri.

“Dalam pengembangan desain kami pasti melihat desain dari mobil secara global, karena tidak mungkin dari lokal saja. Kalau lokal itu biasanya hanya karena ada pemintaan dari pelanggan. Karena kami harus jawab juga,” tutur Ryan Ferdien Tirto, Product Planner, Product Planning No.2 Dept PT ADM. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar