Daihatsu Xenia Tetap Menggoda

Panduan Pembeli

Daihatsu Xenia Tetap Menggoda

KUNINGAN – Daihatsu baru saja meluncurkan MPV andalannya, new Daihatsu Xenia 2016. Mobil tersebut membawa beragam macam pengubahan yang diharapkan mampu memuaskan para pecinta MPV di Indonesia.

Dalam peluncuran tersebut, Daihatsu pun mempersembahan sebuah mesin baru yaitu 1.3L 1NR berteknologi dual VVT-i yang diklaim memiliki perfoma jauh lebih baik ketimbang sebelumnya, namun lebih irit 15%.

Mobil123 berkesempatan mengendarai  Daihatsu Xenia R Sporty bertransmisi manual dan otomatis. Dalam perjalanan Cirebon-Kuningan, kami begabung dengan 3 wartawan lain dan menggunakan mobil bertransmisi otomatis.

Lantas, bagaimana perjalanan tersebut? Berikut ulasannya.

Eksterior.

Dalam review singkat yang sudah kami sampaikan beberapa waktu lalu, pandangan kami tidak jauh berbeda. Tampilan eksterior pada bagian depan dibuat lebih agresif jika dibanding dengan sebelumnya. Kesan tersebut semakin diperkuat dengan front bumper guard berwarna hitam yang menegaskan bahwa Daihatsu Xenia sanggup menebas beragam kondisi jalan.

Meski grille dibuat melebar, namun Daihatsu tetap mengakomodir keinginan pelanggannya yang ingin tampil mewah. Hal tersebut diwujudkan dengan penggunaan upper grille berlapis krom yang menyambungkan headlamp multi reflector. Hadirnya DRL pada bumper menjadi pembeda antara Daihatsu Xenia R Sporty sebagai varian tertinggi dibanding dengan varian-varian Xenia lainnya.

Dari sisi samping, Daihatsu memang tidak banyak melakukan pengubahan. Pengubahan semata-mata hanya pada desain roda berukuran 14 inchi. Side stone guard dan window chrome list pada kaca samping memang memberikan efek mewah, namun secara keseluruhan tidak banyak berubah.

Sementara pada bagian belakang, Daihatsu Xenia R Sporty dibekali dengan lampu belakang berdesain baru dan dikombinasikan dengan garnish chrome berukuran besar. Mobil ini juga dilengkapi dengan rear spoiler dan rear bumper guard model baru.

Interior

Warna coklat yang elegan mendominasi kabin terasa kontras dengan tampilan sporty pada eksterior mobil. Pada bagian dashboard, Daihatsu menyematkan nuansa 2-tone color (grey/coklat) yang padukan dengan aksen krom dan silver di beberapa bagian.

Kompartemen penyimpanan Daihatsu Xenia juga terbilang cukup banyak. Pada tiap sisi kendaraan, Daihatsu telah menyiapkan tempat untuk meletakkan botol minuman, sehingga para penumpang mobil tidak perlu takut minuman akan tumpah dan mengotori kabin.

Tak hanya itu, speedometer dibuat dengan desain baru yang lebih sporty jika dibanding sebelumnya. Daihatsu pun telah melengkapi Xenia dengan Multi Information Display (MID) dan Eco Indicator.

Mesin

Seperti yang sudah disampaikan di atas, mobil ini dilengkapi dengan mesin 1.3L 1NR berteknologi VVT-I. Ini merupakan mesin baru dan menjadi nilai jual paling menarik dari Daihatsu Xenia. Pasalnya mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 97 PS dan torsi 121 Nm.

Perfoma

Puas dengan melihat-lihat mobil, kini saatnya untuk mecicipi ketangguhan dari Daihastu Xenia. Pertama kali duduk, busa jok tebal berhasil menjadikan jok mobil terasa nyaman. Namun saat kaki kiri ditempatkan pada posisinya, kami menemukan bahwa ruang kaki terasa agak sempit. Meski ruang kaki bisa ditingkatkan dengan cara memundurkan jok, namun kaki masih kurang ‘ngangkang’.

Kini saatnya untuk untuk mengemudi dengan mobil ini. tuas transmisi dipindah ke D dan pedal gas pun diinjak. Suara mesin berderu namun rasa tanya mulai terlintas.

“Kok, gak narik ya?”. Pertanyaan tersebut sama dengan pertanyaan rekan kami dalam 1 mobil, mobil terasa kurang responsif. Ada sela beberapa detik di mana mesin berusaha menyesuaikan dengan kebutuhan.

Saat masuk ke daerah Kuningan, kontur jalan yang tadi datar di kota Cirebon mulai berubah menjadi menanjak. Kondisi tersebut membuat saya untuk lebih memainkan tuas perseneling antara L hingga 3. Hasilnya, Daihatsu Xenia terasa sanggup untuk melintasi segala medan.

Tantangan pada perlajanan ini tidak hanya ada pada kontur jalan yang naik turun dan berliku namun juga para pengemudi di kota yang kami lalui. Banyak sepedamotor yang berkendara pelan namun tidak mau berpindah ke kiri. Untuk menyalipnya kami terpaksa melakukan manuver yang terbilang tidak nyaman, namun ternyata Daihatsu Xenia tetap nyaman dikendalikan. Kondisi tersebut membuktikan bahwa rasa limbung yang umum terasa pada model terdahulu sudah diperbaiki.

Kelincahan mobil juga diadu pada perjalanan ini. Kami melalui jalan yang terbilang sempit dan dimensi yang dimiliki oleh Daihastu Xenia terasa pas. Tantangan pada jalan yang kecil dan menikung berhasil ditundukkan oleh Daihatsu Xenia.

Kenyamanan
Sebagai mobil keluarga, Daihatsu memang terbilang fokus pada kenyamanan seluruh penumpang, bukan hanya pada pengendara atau penumpang baris pertama. Hal ini diwujudkan dengan kapasitas mobil yang terbilang mantap.

Dari segi bagasi misalnya. Kapasitasnya terbilang besar dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pada kondisi normal, bagai mobil bisa menampung sedikitnya 4 galon air. Kapasitas tersebut bisa meningkat bila kursi belakang dilipat. Jika masih kurang, maka bagasi dapat ditingkatkan lagi dengan melipat kursi baris kedua.

Cara melipat pun terbilang unik karena baik baris kedua maupun ketiga, Daihatsu menggunakan konfigurasi 50:50. Dengan demikian cara penggunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan penumpang. Tak hanya itu, dengan menggunakan konfigurasi ini pun menjadikan para penumpang bisa dengan mudah masuk ke kursi baris ketiga dari pintu tengah.

Namun, penggunaan ini harus sedikit mengorbankan kenyamanan penumpang baris kedua. Pasalnya, meski ruang kaki pada baris kedua terbilang nyaman, namun sandaran kursi terasa tegak namun tetap tidak dapat direbahkan.

Fitur
Daihatsu telah melengkapi mobil ini dengan beragam fitur termasuk head unit Dual DIN yang mampu menampilkan GPS dan berbagai fitur hiburan lainnya. Sedangkan untuk keselamatan, Daihatsu menambahkan  SRS Airbag, front seat belt with pretensioner & force limiter, new side impact beam, new window jam protection, rear parking sensor serta immobilizer dan new corner sensor.

Kesimpulan
Dengan beragam perbaikan yang dilakukan oleh Daihatsu, Daihatsu Xenia terbaru memang terasa lebih nyaman. Dengan handling yang lebih baik dan beberapa fitur yang ditingkatkan menjadikan mobil ini terasa lebih pas untuk keluarga.

Memang tidak ada yang sempurna, jika Anda masih menerima desainnya secara keseluruhan maka siapkan dana  dari Rp 151.650.000 sampai Rp 205.800.000. [Adi/idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual