Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daihatsu Xenia Dikembangkan 1,5 Tahun, Terinspirasi dari Mobil Global

Berita Otomotif

Daihatsu Xenia Dikembangkan 1,5 Tahun, Terinspirasi dari Mobil Global

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor mengaku perlu waktu sekitar 1,5 tahun untuk mengembangkan grand new Daihatsu Xenia.

Dalam waktu tersebut, mereka mengaku melakukan pengembangan di R&D Center Daihatsu yang bertempat di Karawang. Menariknya, mereka mengakui bahwa desainnya banyak terinspirasi dari berbagai mobil di luar negeri.

“Dalam pengembangan desain kami pasti melihat desain dari mobil secara global, karena tidak mungkin dari lokal saja. Kalau lokal itu biasanya hanya karena ada pemintaan dari pelanggan. Karena kami harus jawab juga,” tutur Ryan Ferdien Tirto, Product Planner, Product Planning No.2 Dept PT ADM.

Sayangnya, Ia tidak menyebut mobil-mobil apa saja yang menjadi inspirasi dari desain mobil padahal inspirasi dari model lain adalah hal lumrah. Dalam dunia desain, toh memang tidak ada originalitas. Semua memiliki inspirasinya masing-masing dan mengembangkannya kembali untuk menjadi sebuah konsepnya sendiri.

Meski demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa terlihat beberapa karakter mobil ditampilkan oleh Daihatsu Xenia. Sebut saja headlamp bertumpuk yang seperti menggunakan desain dari Toyota Alphard Vellfire dan rumah foglamp berbentuk segitiga terbilang mirip dengan Toyota Mirai. Demikian pula pada bagian belakang, garnish crome yang melintang terlihat seperti tampilan Toyota Nav1.

Grand new Daihatsu Xenia meluncur dengan tampilan baru khususnya pada bagian depan berkat penggunaan desain baru di headlamp dan bemper depan. Sementara pada bagian dalam, Daihatsu mengubah warna kabin dengan menggunakan warna beige yang lebih terag serta menyematkan head unit touchscreen.

Tak hanya itu, Daihatsu juga menambahkan varian mesin 1,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 103 hp dan torsi sebesar 136 Nm. Dengan ini maka pilihan mesin Daihatsu Xenia lebih banyak sehingga memudahkan pelanggannya dalam memilih sesuai kebutuhan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang