Daihatsu Tetap Produksi dengan Protokol Kesehatan Ketat

Berita Otomotif

Daihatsu Tetap Produksi dengan Protokol Kesehatan Ketat

JAKARTA – Meski telah terjadi lonjakan kasus kasus postif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tetap mengoptimalkan produksinya.

Hal ini dilakukan guna memenuhi permintaan pasar kendaraan domestik maupun ekspor yang sudah mulai berangsur meningkat. Terlebih saat ini, Pemerintah juga mendorong agar ekonomi Indonesia tetap berputar di masa pandemi.

Meski demikian, PT ADM menegaskan bahwa pihaknya telah meningkatkan protokol kesehatan yang diharapkan bisa mengurangi risiko penularan Covid-19. Protokol kesehatan tersebut akan dilaksanakan di seluruh area kerja baik di Jakarta, Cibitung dan Karawang.

“Kami prihatin dengan peningkatan kasus baru Covid-19 ini. Daihatsu berkomitmen mendukung penerapan protokol kesehatan secara maksimal di seluruh area, sehingga karyawan dapat bekerja dengan sehat dan aman,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM.

Pabrik Daihatsu
Selain itu, PT ADM juga telah mengembangkan aplikasi yang berfungsi untuk memantau jarak aman antar karyawan. Dengan aplikasi ini maka pergerakan karyawan termonitor dan memastikan jarak di antara mereka selalu dalam batas yang ditetapkan, yakni minimal 1,5 meter. Jarak tersebut dinilai cukup aman untuk mengurangi risiko terjadinya penularan Covid-19.

Sebelumnya, pada awal Agustus 2020 diberitakan bahwa salah satu karyawan PT ADM telah positif Covid-19. Akibatnya, seluruh kegiatan operasional PT ADM dihentikan sementara waktu. Namun, hal tersebut ditampik dan mereka menegaskan bahwa ketika itu tidak ada karyawan yang sedang terkena Covid-19.

Saat berita ini dibuat, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 196.989 orang atau meningkat 2.880 kasus dibandingkan tanggal 6 September 2020. Jumlah kasus sembuh mencapai 140.652 kasus atau meningkat 2.077 dibanding sebelumnya. Sementara, sudah ada 8.130 orang meninggal dunia karena Covid-19.

Kasus Covid-19 di Indonesia pun terbilang cukup unik karena masih berada di gelombang I dan belum mengalami penurunan. Ironisnya, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sempat cukup efektif menekan penularan justru dilonggarkan. Akibatnya, penularan Covid-19 kembali meningkat pesat hingga akhirnya membunuh lebih banyak orang.  [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar