Daihatsu Serahkan 2 Unit Gran Max Ambulans untuk Jawa Barat

Berita Otomotif

Daihatsu Serahkan 2 Unit Gran Max Ambulans untuk Jawa Barat

BANDUNG – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyerahkan bantuan 2 unit mobil Gran Max yang telah dimodifikasi menjadi Mobile Clinic and Information kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Bantuan ini merupakan bentuk dukungan PT ADM dalam meminimalisir penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Terlebih saat ini jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia masih terus bergerak naik.

“Mobil klinik ini dimodifikasi agar dapat dipergunakan sebagai sarana untuk edukasi kesehatan dan nanti akan ada dokter yang siap melayani kesehatan masyarakat,” terang Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.

Sesuai namanya, Daihatsu Gran Max yang telah dimodifikasi secara khusus dan ditujukan untuk tenaga medis dalam melakukan pemeriksaan kesehatan kepada pasien. Selain itu, mobil ini juga berfungsi untuk  memberikan informasi kesehatan yang penting untuk dilakukan, terutama pada masa pandemi seperti saat ini.

Daihatsu Serahkan 2 Unit Gran Max Ambulans untuk Jawa Barat
Mobil klinik ini juga dilengkapi beragam fasilitas, seperti kursi dokter dan pasien, wastafel, APAR, dan Tabung Oksigen. Sedangkan untuk media informasi, mobil ini juga dilengkapi dengan genset, TV & DVD player, sound system, microphone dan tenda awning agar dapat memberikan edukasi kesehatan secara maksimal kepada masyarakat.

Meski dijadikan sebagai ambulance yang membutuhkan kecepatan, Daihatsu tidak melakukan ubahan pada mesin. Mereka tetap mempercayakan mesin K3-DE berkapasitas 1.3-liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 86 hp pada 6.000 rpm serta torsi 114.7 Nm di putaran 4.400 rpm. Mesin ini dinilai sudah terbukti ketangguhannya pada beragam medan jalan di Indonesia.

“Kami berharap donasi berupa 2 unit mobil klinik berjalan dan informasi ini dapat membantu tenaga medis dalam memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya di Jawa Barat. Semoga melalui kontribusi ini, Daihatsu dapat selalu dekat kepada masyarakat,” ujar Feryanto Setyadi, Karawang Assembly Plant Executive Officer ADM.

Daihatsu sendiri memang memiliki varian ambulance yang sudah dipamerkan di beberapa kesempatan, termasuk Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020. Ketika itu, mereka menampilkan Daihatsu Luxio Ambulance. Dalam pameran tersebut, Daihatsu ingin memperlihatkan bahwa kendaraan mereka memang dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan, termasuk ambulance. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar