Daihatsu Rocky 1.0L Turbo Masih Jadi Idaman

Berita Otomotif

Daihatsu Rocky 1.0L Turbo Masih Jadi Idaman

KARAWANG – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menegaskan bahwa saat ini Rocky 1.0L Turbo berhasil mendapatkan respons yang lebih baik bila dibandingkan dengan versi 1.2L.

Capaian tersebut tidak terlepas dari waktu peluncurkan Daihatsu Rocky 1.0L Turbo yang memang lebih dahulu diluncurkan. Kondisi tersebut dianggap sebagai keunggulan, karena masyarakat menjadi lebih mengenal versi 1.0L Turbo ketimbang 1.2L.

“Biasanya pada periode awal peluncuran, pembelinya adalah mereka yang ingin mengganti atau menambah mobilnya. Pelanggan yang seperti itu biasanya akan mencari varian tertinggi, dengan harga paling mahal, fitur lengkap dan sebagainya,” ungkap Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Daihatsu Rocky 1.0

Berdasarkan data yang disampaikan, dari Mei hingga September 2021, Daihatsu Rocky telah terjual sebanyak 3.458 unit. Dari jumlah tersebut sekira 52% di antaranya adalah Daihatsu Rocky bermesin 1.0L Turbo sementara sisanya dikuasai oleh versi 1.2L.

Meski demikian, Hendrayadi mengungkapkan bahwa, kondisi tersebut bisa sajai berubah dalam beberapa waktu kedepan. Pasalnya penerimaan masyarakat terhadap Daihatsu Rocky 1.2L setelah peluncuran rupanya terbilang sangat baik.

“Ada perbedaan waktu peluncuran antara 1.2L dengan 1,0L Turbo. Bedanya hampir dua bulan. Tapi bila melihat penjualan pada bulan Juli, Agustus dan September 2021 ini, maka 1.2L sebenarnya sudah cukup mengimbangi 1.0L,” tambahnya.

Daihatsu Rocky pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 30 April 2021. Ketika itu, Daihatsu hanya menghadirkan Rocky dengan satu pilihan mesin, yaitu 1.0L Turbo. Kemudian pada Juni 2021, Daihatsu baru meluncurkan pilihan mesin 1.2L.

Rocky versi 1.0L Turbo memiliki kapasitas mesin 998 cc 3 silinder yang didukung turbocharger. Output mesin ini diklaim setara dengan mesin 1.5L. Daya maksimum jantung pacunya mencapai 96,5 hp pada 6.000 rpm. Sementara torsi puncaknya 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Sedangkan versi 1.2L sama-sama menggunakan formasi tiga silinder dengan kapasitas mesin 1.198 cc. Berbeda dengan mesin LCGC mereka sebelumnya, yakni Sigra dan Ayla.

Kendati kapasitas mesin lebih besar, tapi besaran daya yang dikeluarkan tidak sebesar versi 1.0L Turbo.

Adapun tenaga maksimal yang dikeluarkan dari mesin Daihatsu Rocky 1.2L sebesar 86,7 hp pada 6.000 rpm dan torsi 112 Nm pada 4.500 rpm. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar