Daihatsu Perkasa di Kelas Kei-Car

Berita Otomotif

Daihatsu Perkasa di Kelas Kei-Car

SHIZUOKA - Daihatsu kuasai penjualan kelas kei-car di Jepang, mengalahkan lawan-lawan tangguhnya seperti Toyota, Suzuki dan juga Honda.

Kei-car memang jadi model primadona dalam hal penjualan di Jepang. Konsumen Negri Sakura sepertinya tak bisa lepas dari keunggulan mobil yang memiliki dimensi kompak, desain unik, hemat bbm, ramah lingkungan dan juga sesuai tentunya secara umum sesuai dengan kebutuhan.

Daihatsu Motor Corporation (DMC) sendiri mengakui bahwa kei-car merupakan tulang penjualan Daihatsu di Jepang. Total penjualan kelas ini begitu mendominasi, boleh dibilang angkanya sangat signifikan banding kelas kendaraan Daihatsu lainnya.

Tak hanya itu, Daihatsu disebut sebagai pabrikan mobil dengan penjualan kei-car terbanyak di Jepang. Penguasaan pasar tersebut sudah ditorehkan semenjak 13 tahun terakhir.

"Saat ini Daihatsu menguasai pasar kei-car di Jepang dengan penguasaan pasar mencapai 31-an persen. Setiap tahunya Daihatsu berhasil menjual 600 ribuan unit mobil, di mana 90 persennya adalah kei-car. Sementara total pasar Jepang sendiri mencapai 5 juta unit," ungkap Makoto Arisato, Coordinator, Marketing and Sales Promotion Department, Overseas Business Management DMC beberapa waktu lalu di Fuji Speedway.

Menurut Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), ibu-ibu rumah tangga menjadi pembeli terbanyak kelas kei-car. Mobil ini tentunya digunakan untuk kegiatan mereka sehari-hari, baru kemudian kalangan orang tua yang merupakan pembeli setia kei-car.

"Jika suami dan bapak-bapak biasanya beraktivitas menggunakan kereta. Sementara di rumah untuk mengantar anak sekolah dan belanja, ibu-ibu menggunakan kei-car," jelas Amelia.

Daihatsu sendiri menurut data Japan Auto Market punya 2 model kei-car yang laku di pasar Jepang yakni Tanto dan Move. Tanto menjadi nomer 2 kei-car terlaris, angka penjualan Januari - September 2019 mencapai 135.044 unit. Sementara Move berada di tempat keenam terlaris dengan raihan penjualan 101.478 unit.

Untuk diketahui, kei-car terlaris di Jepang dikuasai oleh Honda N-Box dengan total penjualan Januri - September 2019 202.048 unit.  10 besar kei-car terlaris sendiri terdapat nama-nama besar lainnya yakni Suzuki Spacia, Nissan Dayz dan lainnya.

"Kali ini beberapa pabrikan-pabrikan mobil di Jepang yang sebelumnya tak bermain di kei car, kini sudah ikut menggelontorkan produknya," ungkap Amelia menanggapi persaingan ketat di kelas kei-car.

DMC sendiri mensikapi persaingan dengan terus melakukan inovasi. Salah satu yang terbaru dengan menyempurnakan fitur-fitur keselamatan.

"Kita harus terus berinovasi. Saat ini mungkin Tanto yang memiliki fitur keselamatan paling lengkap. Tapi tidak tahu beberapa waktu ke depan ada pabrikan yang menyusulnya, memiliki teknologi  lebih canggih. Jika demikian, kita akan terus bekerja keras untuk menyempurnakannya," kata Ryo Kawasaki, Head, Demand & Supply Section Sales Planning Departement Domestic Marketing Division ADM. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar